Dengan cuaca di Indonesia yang tropis dan cenderung selalu panas, memiliki AC ( Air Conditioner ) merupakan alternatif agar suhu ruangan tetap sejuk. Sayangnya banyak sekali orang yang mengeluhkan biaya listrik melambung tinggi ketika adanya penggunaan AC. Hal ini dikarenakan perangkat pendingin ini memang memerlukan arus besar. Faktor ini yang jarang dipastikan agar AC hemat listrik sesuai dengan kebutuhan.

 

Rumus Penggunaan Listrik

Sebenarnya bisa memperkirakan biaya listrik perbulan dari penggunaan AC hemat listrik dirumah dengan memahami rumus dari tagihan listrik seperti yang akan dijabarkan dibawah ini.

Rumus: Biaya bulanan = pemakaian kwh x TDL

Penggunaan kwh (kilowatt hour) = konsumsi listrik (kilowatt) x lama penggunaan (jam atau hour)

Keterangan :

TDL = Tarif Dasar listrik

PLN 1300-2200 :  Rp 1.467,28 / kWh

PLN 3500-5500 :  Rp 1.467,28 / kWh

Contoh kasus dari rumus diatas misalnya seperti ini Pak Habib membeli 1 set AC Sanken 1/2 PK dengan daya 390w untuk ruang tidur yang akan dinyalakan setiap hari dengan durasi pemakaian 12 jam/hari. Daya PLN di rumah 2200VA, Tagihan listrik bulanan untuk penggunaan AC nya maksimal.

Keterangan = 0.39 kilowatt x 12 jam/hari x 30 hari x Rp.1.467,28,-/kwh

Biaya yang harus dibayar perbulan = Rp.206.006,-/bulan

 

Tips penggunaan agar AC hemat listrik

Jadi setelah mengetahui cara untuk menghitung tagihan listrik, saatnya dapat mengikuti beberapa langkah yang sederhana agar penggunaan AC hemat listrik.

ac hemat listrik

1. Penempatan AC

Jika AC ditempatkan di ruangan indoor seperti kamar maka  dipastikan AC berada di posisi jauh dari pintu. Hal ini dilakukan agar udara yang keluar dari AC tidak mudah keluar ke ruangan lain.

 

2.Apabila akan membeli sebuah sistem AC sentral

Pastikan nomor SEER (seasonal energy efficiency ratio) adalah 13 atau lebih tinggi (14 untuk cuaca yang lebih panas). Sebuah sistem AC yang kurang efisien akan membebani biaya lebih untuk menjalankannya. Carilah EER (energy efficiency ratio) dengan nilai 11 atau lebih tinggi untuk AC kamar. Sebuah unit AC yang mempunyai efisiensi tinggi harganya lebih mahal, tetapi jika anda tinggal di iklim yang panas, maka untuk jangka panjang menjadikan AC hemat listrik. Keterangan istilah SEER dan EER bisa di cari di google.

 

3. Set temperatur thermostat ke posisi auto

Sehingga temperatur penggunaan AC akan menyesuaikan dengan keadaan ruangan. Jangan mengatur suhu ruangan menjadi 16 derajat C.  AC cukup di suhu 23-25 derajat C yang merupakan suhu ideal. Set temperatur ke 25 derajat, dan set temperatur ke 29 derajat atau matikan pada saat anda tidak berada diruangan.

Atau dengan setting suhu 25 derajatC pada remote, suhu kamar tidur menjadi nyaman dan didapatkan durasi istirahat kompresor AC sebesar 10% dari jam kerjanya, maka tagihan listrik AC nya cara hitungnya seperti berikut : Rp.2o6.006,-/bulan – 10% = Rp.185.406,-/bulan. Maka AC hemat listrik 10%

 

4. Memastikan AC selalu di service

Memastikan AC selalu di service / cuci 3 bulan sekali. Komponen seperti filter, evaportor dan kipas AC harus selalu dalam kondisi bersih tanpa ada debu atau kotoran yang menumpuk. Pada kondisi kotor  kecepatan AC akan menurun sehingga mesin akan berusaha maksimum untuk mencapai titik dingin dan berakibat listrik akan menjadi boros. Maka langkah iini harus selalu berkesinambungan dilakukan agar AC hemat listrik

5. Ruangan AC harus tertutup

Jangan terlalu sering buka tutup pintu ruangan yang ber-AC, saat mesin AC bekerja maka kalian harus memastikan bahwa ruangan tertutup, karena kompresor mesin akan terus bekerja untuk menurunkan suhu sampai sama dengan suhu yang kalian telah setting di remote.

 

6. Ukuran PK AC harus seusai

Pastikan ukuran ruangan kalian sesuai dengan PK yang dibutuhkan, rumus hitung penyesuian ruangan adalah Luas Ruangan Dalam m2 x 500 / Lebar x Panjang x 500. Gampangnya 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2), 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2), 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2), 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2), 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2).

 

7. Penempatan condesor AC yang tepat

Pastikan condensor/outdoor AC terletak di tempat teduh dan berada di ruangan terbuka untuk membuang udara panas dari outdoor. Jangan kerumuni outdoor anda dengan barang-barang atau semak-semak.

 

8. Faktor yg meringkankan kerja AC

Setiap panas yang dihasilkan didalam rumah anda akan dihilangkan dengan sistem pendinginan AC anda, jadi hindari hal-hal yang dapat menghasilkan panas didalam rumah anda apabila memungkinkan.

Tanamlah pohon-pohonan peneduh di sekitar rumah anda untuk mengurangi panas sinar matahari. Hal tersebut dapat mengurangi biaya pendinginan hingga 30%.

 

Demikian beberapa tips agar AC hemat listrik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu bijak dalam penggunaan energi.