Sumur rumah Anda bermasalah? Butuh ahli sumur Jogja untuk mengatasinya?

Bagi Anda yang menemui masalah sumur di rumah anda, anda bisa memanggil ahli sumur jogja , seperti reparasi atau pembuatan sumur bor.

Ahli Sumur Jogja Siaga Memperbaiki Masalah Sumur Rumah Anda

Salah satu layanan dan jasa terbaik dari Baraka Teknik adalah jasa ahli sumur Jogja. Ahli sumur bor daerah jogja merupakan sebuah bentuk layanan konsultasi dan perbaikan dan instalasi sumur. Tim ahli sumur jogja siap sedia dalam menangani berbagai masalah dari yang ringan sampai yang paling parah atau kritis sekalipun.

Proses Pembuatan Sumur Gali berbeda dengan proses pembuatan sumur bor. Yang mebedakan Proses Pembuatan Sumur Gali dengan sumur bor adalah dalam pelaksanaanya dan juga finisingnya. Tetapi, pada hakekatnya tujuannya ya sama dan juga proses awal dalam persiapanya sama.

Saat Anda memutuskan untuk membuat sumur gali hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan survei dengan menanyai tetangga sekeliling sumur type apa yang mereka di punyai, apakah sumur bor atau sumur gali. Ternyata dari beberapa tetangga yang sudah saya tanyai persisnya disamping dan belakang lokasi kavlingan menggunakan sumur gali.

Sebaiknya sebelum kita memulai membuat sumur gali, langkah yang anda lakukan pertama kali yaitu dengan cara mencari sumber mata air dulu ya, kalo anda belum tau bagaimana cara menemukan sumber mata airnya kami akan membagikan tips cara menemukan sumber mata airnya simak baik-baik ya.

Cara Menemukan Sumber Mata Air Menurut Ahli Sumur Jogja:

Area yang banyak mengandung sumber mata air ditandai dengan munculnya vegetasi. Misalnya, adanya  rumput hijau, gulma, atau semak-semak yang tumbuh tak wajar, yakni di daerah yang dinyatakan kering. Pertumbuhan vegetasi yang ada di suatu titik di tengah area sekelilingnya yang sedang kering dan tandus ini bisa jadi indikasi awal kemungkinan adanya sumber mata air di bawah tanahnya, sebab ada keberadaan mata air, walaupun sekecil apapun,  dapat memungkinkan tanaman untuk tetap tumbuh ada juga dengan cara lain seperti berikut ini.

1. Melihat Jejak Kaki Hewan

Beberapa hewan mempunyai insting yang cukup tajam dalam menemukan sumber mata air. Hewan – hewan ini akan berkumpul di sumber air, lalu meninggalkan banyak jejak kaki di sekitar daerah itu. Maka, cermatilah jejak kaki hewan di sekitar rumah Anda, dan juga cari tahu apakah jejak kaki tersebut berkumpul di satu titik. Jika ditemukan tanda-tanda ini, hal ini bisa menjadi sebuah pertanda bahwa di dalam bawah tanahnya terdapat sumber mata air, dan untuk itu, perlu dilakukan penggalian guna untuk memastikannya.

2. Periksa Area yang Selalu Lembab dan Berlumpur

Jika Anda menemukan sebuah titik di sekitar rumah anda yang selalu dalam keadaan lembab, sedikit basah, atau bahkan berlumpur meski tidak terkena air, mungkin ini merupakan salah satu tanda keberadaan mata air di lingkungan tempat tinggal Anda. Area berlumpur dan basah ini akan semakin sering Anda jumpai jika Anda tinggal di perumahan yang berdekatan dengan rawa, atau berada di wilayah yang merupakan bekas rawa.

Untuk memastikannya, anda gali tanah berlumpur tersebut menggunakan sekop untuk menghilangkan permukaan tanah yang berlumpur dan becek tersebut, sampai pada permukaan tanah yang cukup kering dan stabil. Lalu, tunggu beberapa saat. Jika tanah tersebut kembali basah atau juga berlumpur, maka dapat dipastikan terdapat rembesan air tanah yang muncul ke permukaan, dan ini merupakan ciri keberadaan sumber mata air.

3. Observasi Perilaku Serangga dan Burung – burung

Beberapa serangga mendiami tanah. Mereka membutuhkan air juga untuk bertahan hidup. Maka dari itu, permukaan tanah yang kaya akan air juga akan lebih menarik banyak serangga. Serangga ini akan berkumpul di dekat daerah tersebut, dan jumlahnya pun cukup banyak. Selain serangga, burung pun juga akan mendekati area yang memiliki sumber mata air. Biasanya, pada pagi hari atau petang merupakan waktu bagi burung – burung tersebut untuk mendekati area yang terdapat sumber mata air.

4. Menggunakan Peta Topografi atau Berkonsultasi dengan Ahlinya

Ambil lah peta topografi lingkungan di sekitar rumah Anda, lalu secara personal tentukan titik mana saja yang menjadi jalur aliran air / sungai bawah tanah. Kemudian, di sepanjang aliran tersebut, tentukan juga satu atau dua lokasi yang kemungkinan bisa digali untuk menemukan sumber air. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memanfaatkan peta topografi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan yang expert dibidangnya yang akan membantu menentukan titik yang tepat untuk dilakukan penggalian. biasanya yang jago seperti ini ahli sumur jogja.

Cara Membuat Sumur Gali yang Baik

  1. Pilih musim kemarau untuk membuat sumur gali.
  2. Apabila sumur gali adalah pilihan yang menjadi sumber air sumur anda maka jangan sampai anda memaksakan untuk membuat sumur gali di musim penghujan. Karena posisi air akan naik atau air berada pada titik paling atas sesuai daerah masing-masing. Hal ini berakibat disaat musim kemarau yang akan datang debit air yang berada sumur gali anda akan surut (debit air berkurang) bahkan sama sekali tidak akan ada air/ kering. Oleh sebab itu buatlah sumur gali disaat musim kemarau panjang datang disaat bulan september – desember khususnya di wilayah jogja.
  3. Pilih material bahan yang berkualitas.
  4. Untuk pembuatan sumur gali pemilihan material yang berkualitas yaitu buis beton. Usahakan yang tebal, rapi dan kokoh karena merupakan faktor penting keawetan sumur gali anda. Bila memakai bahan yang asal-asalan dalam jarak waktu 10-15 tahun ke depan maka sumur gali anda akan mudah rapuh. Selain itu bisa membahayakan yang berisiko runtuhnya dinding sumur gali tersebut.
  5. Pilih tukang profesional khusus dibidang sumur gali/ timbaTukang yang handal dan sudah profesional dibidang sumur gali adalah kunci utama pada pembuatan sumur timba. Selain hasil pembuatan sumur  timba yang rapi, awet dan menghasilkan sumber air yang melimpah tukang sumur gali profesional akan lebih teliti dan berhati-hati dalam penentuan titik lokasi, pemilihan bahan dan hafal lokasi daerah-daerah yang akan dikerjakan.
  6. Pilih titik sumur gali yang tepat dari pencemaranAgar sumur gali yang anda buat aman dari pencemaran, maka usahakan sumur gali anda berjarak minimal yaitu 8-10m dari sepitank, resapan, atau limbah tertentu yang sewaktu-waktu bisa masuk ke dalam sumber air sumur gali anda. Dan bila ruangan anda sempit, maka kami sarankan untuk menggunakan sumur bor karena efisien tempat dan juga praktis.
  7. Lakukan penyemenan yang merata setiap antar dinding bis beton. Hal ini dapat mengurangi resiko dari pencemaran air yang akan masuk ke dalam sumur seperti air limbah dan lain-lain.

Kelebihan Membuat Sumur Gali :

  1. Diameter sumur Lebih Besar Mungkin bagi sebagian orang sumur yang memiliki diameter yang besar dan luas sangat kurang praktis apalagi jika memiliki lahan yang dimiliki sempit. Namun sebenarnya bukan begitu. Kelebihan dari sumur gali ini, dengan penggunaan diameter sumur yang lebih luas maka secara otomatis debit air yang dihasilkan juga akan semakin besar. Oleh karena itu tidak perlu untuk diadakan penggalian yang dalam untuk mendapatkan debit airnya. Cukup dengan kedalaman yang sedang maka debit air sudah akan keluar.
  2. Dapat Diperdalam Dengan Mudah Jika ingin melakukan pendalaman sumur gali. Dengan diameter yang lebih luas dan penggunaan beton maka penggalian sumur ini dapat dilakukan lebih mudah.
  3. Biaya yang lebih Murah Untuk pembuatan sumur gali sendiri biaya lebih terjangkau dibanding dengan pembuatan sumur bor. Anda bisa mempercayakan pembuatan sumur gali kepada ahlinya tukang sumur jogja terpercaya.

Kekurangan Membuat Sumur Gali :

  1. Diameter Besar Mungkin bagi sebagian orang diameter sumur bukan masalah yang besar terutama untuk mereka yang memiliki lahan luas. Namun seringkali menjadi persoalan tersendiri bagi mereka yang memiliki lahan yang lebih sempit. Misalnya saja seperti di daerah perkotaan maka penggunaan jenis sumur gali kurang efektif dilakukan.
  2. Pencemaran Lebih Mudah Berbeda dari sumur bor yang diletakkan di kedalaman yang lebih dalam sehingga tidak mudah mengalami pencemaran jika di sekitar sumber mata airnya terdapat aktiitas tambanga dan sebagainya. Maka berbeda dengan jenis sumur gali, salah satu kekurangan dari jenis sumur gali atau sumur timba ini adalah seing sekali terjadi pencemaran air di dalamnya. Waktu hujan lebat saja sumber air akan tercampur dengan bahan material yang ada disekitarnya apalagi jika di dekat sumur gali terdapat tempat pembuangan tinja, peceren dan sebagainya maka akan lebih mudah tercemar airnya. Air akan lebih keruh, berbau, berwarna dan juga tidak jernih.
  3. Perawatan Lebih Mahal Jika dibanding dengan jenis sumur yang lainnya maka penggunaan sumur gali akan lebih mahal dari segi perawatan. Misalnya saja yan sering menjadi alasannya adalah saat sumur mengalami kerusakan maka tentu anda membutuhkan tukang ahli sumur yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Namun dengan dalil keselamatan sangat beresiko tinggi dan takut kejebur dan tidak bisa naik lagi maka biaya perawatan untuk sumur gali akan lebih mahal. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan sumur bor dan sumur gali. Dari kelebihan dan kekurangan tersebut maka anda jauh lebih bisa mempertimbangkan.

Jasa Ahli Sumur Jogja

Apabila anda memerlukan jasa ahli sumur jogja untuk instalasi sumur anda, jangan ragu ragu untuk menghubungi kami jika kalian ada di wilayah jogja, karena kami memiliki banyak pengalaman tentang sumur dan service ac jogja.