Sound system di gunakan untuk berbagai kebutuhan dan sering dijumpai di acara seperti  pernikahan, pengajian, dan lain-lain. Yang sering menjadi pertanyaan, apa saja yang di gunakan dalam perangkat tersebut? Sebenarnya instalasi nya tidaklah rumit. Aksesoris sound system itu hanya ada 5 yang penting.

Aksesoris sound system yang pokok

  • Mixer,

    Alat ini adalah aksesoris sound system yang mengatur beberapa sinyal input audio dalam keseimbangan yang tepat. Dan mixer ini menyesuaikan kualitas nada sehingga output audio mudah bagi penonton untuk mendengarkan. Ada banyak jenis dan model mixer.

    aksesoris sound system

  • Speaker (Loudspeaker aktif dan pasif),

    Speaker adalah aksesoris sound system yang di gunakan untuk mengeluarkan suara setelah sumber suara telah di proses dari perangkat sebelumnya.

    Pada umumnya speaker ini yang digunakan untuk Sound System Entertainment  dapat dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu Speaker Pasif dan Speaker Aktif. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai kedua jenis speaker ini

     

    Speaker Aktif

     

    Speaker yang memiliki Amplifier (penguat suara) di dalamnya

    1.Harganya lebih hemat karena tidak perlu membeli amplifier lagi karena di dalamnya sudah ada amplifiernya bahkan speaker aktif model terbaru sudah dilengkapi dengan port USB dan tuner.

    2.Pengoperasiannya kurang fleksibel karena harus diletakkan didekat stop kontak dan kedua speaker harus saling berdekatan karena kabel yang menghubungkan kespeaker kanan/kiri biasanya pendek.

    3.Spesifikasi speaker ini sudah diatur dari pabrikan seperti woofer, daya atau twitter.

    4.Sulit untuk diupgrade atau di modifikasi.

    5.Tidak cocok untuk audio outdoor

    speaker aktif

    Speaker Pasif

Speaker yang tidak memiliki Amplifier (penguat suara) di dalamnya

1.Perlu dana lebih karena harus membeli amplifier secara terpisah.

2.Peletakannya fleksibel bisa dimana saja yang penting kabel penghubung ke output amplifier cukup.

3.Antara amplifier dan speaker pasif harus sesuai dan sama  dengan impedansi atau kekuatannya.

4.Bisa di paralel atau ditambah speaker pasifnya, jadi 1 amplifier bisa untuk 2 atau 4 speaker pasif.  Bahkan bisa lebih asal kekuatan amplifiernya memadai. Dan jika ingin mengganti driver speakernya dengan kualitas yang lebih bagus bisa dilakukan dengan mudah.

5.Cocok banget untuk audio outdoor khususnya untuk driver amplifier yang berdaya besar.

  • speaker pasifSpeaker dalam sound system lapangan umumnya di bagi menjadi 3 dan mempunyai tugas tersendiri yang terdiri dari

    Speaker subwofer (LOW)

    Biasanya menggunakan speaker berukuran 18 inch yang berfungsi sebagai nada bass dan pada saat pemasangan di tempatkan paling bawah dari speaker  yang lain.

    Speaker middle

    Berfungsi sebagai nada pada frekuensi menengah yaitu nada midd, seperti contohnya suara tam pada drum. Biasanya nada ini di tugaskan kepada speaker ber ukuran 15 inch,

    Speaker High

    Pada speakeer high ini berfungsi sebagai nada paling tinggi yaitu nada tribble yang di tugaskan kepada speaker 12 inch bersama tweternya. Pada saat pemasangan speaker ini biasaya di taruh paling atas.

  • Power Amplifier,

    Aksesoris sound system ini berperan sebagai penguat akhir bagian sistem tata suara yang berfungsi sebagai penguat sinyal audio. Pada dasarnya merupakan penguat tegangan dan arus dari sinyal audio yang bertujuan untuk menggerakan pengeras suara (loud speaker)

    amplifier

  • Mikrofon,

    Aksesoris sound system ini merupakan alat atau komponen elektronika yang dapat mengubah energi akustik (gelombang suara) ke energi listrik (sinyal audio).Mikrofon merupakan keluarga transduser yang berfungsi sebagai komponen atau alat pengubah  satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya.

    Setiap jenis Mikrofon memiliki cara yang berbeda dalam mengubah (konversi) bentuk energi. Tetapi mereka semua memiliki persamaan yaitu semua jenis mikrofon memiliki suatu bagian utama yang disebut dengan Diafragma.

mikrofon

Perangkat yang disebutkan di atas bisa diterapkan atau di rakit menjadi sound system untuk di luar ruangan atau di dalam ruangan. Sound system ini di sesuaikan dengan seberapa besar kapasitas daya yang dihasilkan. Untuk sewa peralatan audio ini bisa dilengkapi dengan cara per paket maupun secara unit per unit.