Sekarang ini agar informasi suara bisa terdengar oleh banyak orang maka dibutuhkan pengeras suara berupa audio sound system. Secara umum, audio sound system adalah perangkat untuk menguatkan suara agar jangkauan suaranya terdengar oleh pihak lain dalam jarak tertentu.

Setiap jenis acara membutuhkan audio sound system yang berbeda-beda. Karena jumlah pengunjung dan ruangan yang digunakan berbeda, maka kapasitas suara yang dibutuhkan juga berbeda.  Kebutuhan pemakaian sound system ini bisa diterapkan pada halaman terbuka maupun di dalam ruangan.

audio sound system

Audio Sound System berdasarkan daya listrik

Kali ini akan dibahas jenis-jenis audio sound system yang umum sering disebutkan berdasarkan daya listrik dan suara yang dihasilkan.

2000 Watt

Kekuatan daya listrik hanya 2000 watt sudah bisa digunakan untuk acara dengan kapasitas sekitar 50 orang. Biasanya lebih sering dipakai untuk acara yang dilaksanakan di ruang tertutup, seperti rapat kecil dan seminar dalam ruangan, dan acara-acara yang tidak menggunakan peralatan musik.

Termasuk dalam sound system 2000 watt adalah:

4 Unit Monitor Speakers & Delay
1 Unit Mixing Control
5 Wired Mics
1 Unit CD Player
1 Set Cable & Connection

3000 Watt

Memiliki daya listrik yang lebih kuat juga berarti memiliki daya suara yang lebih dari  daya listrik 2000 watt. Biasanya digunakan untuk acara dengan kapasitas 50-100 orang dan di dalam ruang. Dengan kemampuan 3000 watt, dapat mencakup acara seperti pesta mini yang menggunakan DJ atau Keyboardist.

Termasuk dalam sound system 3000 watt adalah:

6 Unit Monitor Speakers & Delay
1 Unit Mixing Control
5 Wired Mics
1 Unit CD Player
1 Set Cable & Connection

5000 Watt

Berbeda dengan dua jenis daya listrik sebelumnya. Dengan menggunakan sound system berkekuatan 5000 watt sudah bisa menggunakan peralatan musik yang minimalis.

Acara diadakan di ruang terbuka? Sound system ini cocok untuk acara yang diadakan di ruang terbuka dengan pengunjung sekitar 100-150 orang. Salah satu contohnya, acara pernikahan.

Termasuk dalam sound system 5000 watt adalah:

2 Unit Active Speakers
2 Unit Sub Speakers
4 Unit Monitor Speakers & Delay
1 Unit Mixing Control
5 Wired Mics
2 Mic Wireless
1 Unit CD Player
1 Set Cable & Connection

10000 Watt

Jenis inilah yang tepat untuk acara pentas seni sekolah dan resepsi pernikahan. Dengan kapasitas yang cukup besar ini, sudah mampu mendukung acara dengan pengunjung sekitar 300 orang. Seringkali digunakan untuk acara dalam ruangan, yang diadakan di dalam ballroom atau bisa juga di luar ruangan.

Termasuk dalam Sound System 10000 watt adalah:

4 Unit Active Speakers
2 Unit Sub Speakers
4 Unit Monitor Speakers & Delay
1 Unit Mixing Control
5 Wired Mics
2 Mic Wireless
1 Unit CD Player
1 Set Cable & Connection

Selain itu, masih ada kapasitas lainnya di atas 10000 watt.  Biasanya digunakan untuk acara-acara yang menampung lebih dari 300 orang. Dalam setiap jenis acara pasti memiliki pesan tertentu yang ingin disampaikan untuk pengunjungnya, maka dari itu perlu adanya dukungan sound system yang tepat pula.

Nah, tidak sulit kan membeda-bedakan jenis sound sesuai dengan kebutuhan. Karena dengan salah memilih jenis sound system akan berdampak pada ketidak sempurnaan suara yang dihasilkan. Sehingga acara menjadi kurang maksimal.