Pada artikel kali ini kami akan memberitahu cara membersihkan AC. AC bekerja dengan cara menarik semua udara ruangan anda ke dalam unit, mendinginkannya, dan kemudian meniupnya kembali ke ruangan. Jika filter AC Anda dalam keadaan baik, udara anda juga akan sedikit lebih bersih dalam bekerjanya.

Jika tidak, tagihan energi anda akan meningkat, karena A / C anda harus bekerja lebih keras agar mendorong udara bersih dan sejuk di tengah semua gunk. Jadi, pastikan untuk membersihkan filter unit jendela minimal sebulan sekali.

Cara Membersihkan AC Split

  • Beli tas cuci untuk AC. Barangnya tersedia secara online dan merupakan tas khusus yang dirancang untuk menangkap air limbah yang terakumulasi saat Anda membersihkan AC Anda.
  •  Beli pembersih koil yang paling bagus. Jauhi pembersih kumparan jenis busa karena bisa berantakan dan busa tersebar di mana-mana. Semprotan busa juga tidak akan menembus kumparan atau bilah kipas rotor dengan benar.

Berhati-hatilah untuk membeli pembersih kimia yang keras yang dirancang untuk menyerang organik, karena dapat merusak AC yang lebih baru.

  • Pasanglah tas cuci AC di area unit a / c split (disebut Unit Coil FCU-Fan) di dinding. Dengan metode ini Anda tidak perlu meruntuhkan sistem seperti profesional.
  • Semprotkan larutan kimia di atas gulungan. Cobalah semprotkan pada sudut di permukaan sirip pendingin dan juga langsung ke gulungan. Pastikan usahanya bisa sampai ke koil sebanyak mungkin. Satu saran bagus yaitu meletakkan nosel sedekat mungkin dengan sirip.
  • Semprotkan pisau putar yang tersembunyi didalam outlet aliran udara. Supaya mendapatkan hasil yang baik, anda butuh menggunakan nosel semprotan jauh seperti semprotan kebun bertekanan. Pastikan untuk melapisi semua bilah menggunakan larutan pembersih.
  • Tunggu kurang lebih 10 sampai 20 menit supaya larutan pembersih bisa bekerja. Kemudian bilas kumparan dan pisau putar menggunakan semprotan air dan lihat semua kotoran dan kotoran mengalir ke dalam kantong cuci AC. Perlu diingat beberapa air dari gulungan akan mengalir melalui saluran pembuangan AC.
  • Keringkan,usap ke bawah unit koil kipas. Hidupkan AC kemudian angkat bagian depan tas untuk memungkinkan semua air bilasan disiram ke dalam tas. Sekarang lepaskan kantung cuci dengan ujungnya dengan hati-hati dan buang air kotornys.

Mempertahankan AC

Cara Membersihkan AC- Filter Air Conditioner

Cara Membersihkan AC

Tugas pemeliharaan yang paling penting yang bisa memastikan efisiensi AC anda ialah secara rutin mengganti atau membersihkan saringannya. Tersumbat, filter kotor menghalangi aliran udara normal dan juga mengurangi efisiensi sistem secara signifikan.

Dengan aliran udara yang normal yang terhambat, maka udara yang melewati saringan bisa membawa kotoran langsung ke koil evaporator dan mengganggu kapasitas penyerap panas koil.

Mengganti filter kotor dan tersumbat menggunakan yang bersih bisa menurunkan konsumsi energi AC anda sebesar 5% sampai 15%. Untuk AC sentral, filter pada umumnya terletak di suatu tempat di sepanjang panjang saluran balik.

Lokasi filter pada umumnya ada di dinding, plafon, tungku, atau di AC itu sendiri. AC kamar mempunyai filter yang dipasang di grill yang menghadap ke ruangan.

Cara Membersihkan AC- Kumparan AC

Kumparan evaporator AC dan kumparan kondensor bisa mengumpulkan kotoran selama bulan dan tahun pelayanan mereka. Filter bersih menghindari koil evaporator mengotori dengan cepat. Pada waktunya, bagaimanapun juga koil evaporator masih bisa mengumpulkan kotoran.

Kotoran ini dapat mengurangi aliran udara dan mengisolasi koil, mengurangi kemampuannya menyerap panas. Untuk menghindari persoalan ini, periksa koil evaporator anda setiap tahun dan bersihkan bila perlu.

Kumparan kondensor outdoor juga dapat menjadi sangat kotor jika lingkungan outdoor berdebu atau jika ada dedaunan di dekatnya.

Anda bisa dengan mudah melihat koil kondensor dan perhatikan apakah kotoran mengumpulkan pada siripnya. Anda harus meminimalkan kotoran dan kotoran yang di dekat unit kondensor. Ventilasi pengering, daun jatuh, dan mesin pemotong rumput merupakan sumber potensial kotoran dan puing-puing.

Cara Membersihkan AC- Coil Fins

Sirip aluminium pada koil evaporator dan kondenser mudah ditekuk dan dapat menghalangi aliran udara melalui koil. Penyedia grosir grosir menjual alat yang biasa disebut “sisir sirip” yang akan menyisir sirip ini kembali ke kondisi semula.

Cara Membersihkan AC- Saluran Air Kondensat

Biasanya melewati kawat kaku melalui saluran pembuangan unit. Saluran pembuangan tersumbat menghindari unit  dan mengurangi kelembaban, dan juga kelembapan berlebih yang dihasilkan bisa menghitamkan dinding atau karpet.

Cara Membersihkan AC- Jendela Stempel untuk AC Kamar

Pada awal setiap musim pendingin, periksa segel antara AC dan bingkai jendela untuk memastikan kontak menggunakan unit logam unit. Kelembaban dapat merusak segel ini, memungkinkan udara dingin keluar dari rumah anda.

Cara Membersihkan AC bagian Outdoor

Cara Membersihkan Ac yang Pertama

Gunakan kuas untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel di kisi-kisi pendingin (yang berbentuk seperti radiator mobil). Gunakanlah sikat gigi untuk membersihkan di tempat yang sempit dan kuas tidak menjangkau area itu.

Saat membersihkan pada tahap awal ini kita tidak perlu air dan detergen. Tahap ini tidak di wajibkan membersihkan dari dalam karena debu yang menempel itu hanya luarnya saja dan membersihkan dari dalam di langkah berikutnya yang perlu detergen dan air.

Cara Membersihkan Ac yang Kedua

Siapkan semacam ember plastik (bak plastik) dan detergen, penuhilah air kemudian tuangkan detergen secukupnya (setengah genggam tangan orang dewasa).

Cara Membersihkan Ac yang Ketiga

Buka penutup outdoor yang terbuat dari bahan plastic yang dikait oleh 2 baut (tergantung dari merk AC). Ambil gayung,dan isi air dari bak tadi dengan ¼ air saja berulang ulang.

Cara Membersihkan Ac yang Keempat

Siramkan ke kisi-kisi AC dari sisi yang depan tanpa perlu melepaskan Fan-nya (kipas). Jika dianggap mengganggu silakan dilepas tetapi ingat jangan sampai ketinggalan atau ada baut yang hilang karena dapat mengurangi kinerja AC. Siramlah dengan cara mengayunkan tangan cukup kuat (pengganti dari mesin penyemprot yang dipakai oleh jasa pembersih AC).

Siramlah dari sela-sela fan ke arah yang depan dan ke arah sebelah kiri, jangan menyiram kearah terlalu kanan karena boks yang dilindungi dari plat seng itu merupakan mesin kompressor (kalau di kipas angin namanya dinamo). Ulangi sampai benar-benar air yang menetes ke bawah menjadi air bening dan tidak tercampur oleh kotoran seperti penyiraman pertama.

Tahap ini memerlukan air sebanyak 3 kali ember ukuran sedang. Dan perlu anda diingat, untuk penyiraman terakhir jangan memakai detergen supaya tidak menimbulkan karat. Jika sudah bersih pasang lagi kisi plastik yang melindungi Fan (kipas) dan diamkan hingga benar-benar kering sekitar 2 jam.

Cara Membersihkan AC bagian Indoor

Cara Membersihkan Ac yang Pertama

Sebelum membersihkan AC di bagian indoor dengan menggunakan air dan detergen, terlebih dahulu lepas saklar yang menghubungkan sumber listrik. Selanjutnya, tutup saklar dengan lakban atau sejenisnya, agar menghindari percikan air masuk ke lubang tersebut

Cara Membersihkan Ac yang Kedua

Buka penutup AC yang dikaitkan bersama 2 baut dengan obeng +(plus). Sebelum membuka baut buka terlebih dahulu penutup baut dengan cara mencongkel dengan menggunakan obeng –(min). Kemudian, tarik ke atas perlahan-lahan. Biasanya terdapat pengunci tanpa baut yang mengangkut ditutupnya itu.

Cara Membersihkan Ac yang Ketiga

Jika penutupnya sudah terbuka, lepas kabel/soket yang menghubungkan Swing / pengarah angin. Berikutnya tarik Swing ke depan perlahan-lahan. Jika sudah dibuka swingnya kita mulai membersihkan AC tersebut.

Cara Membersihkan Ac yang Keempat

Bersihkan debu yang hinggap di kisi-kisi pendingin tersebut menggunakan kuas. Jika susah dijangkau dengan kuas menggunakan sikat gigi tidak usah memakai air paling penting Roller Fan (kipas berbentuk bulat yg terbuat dari plastik yang menghasilkan angin). Untuk membersihkannya kita membutuhkan alat tambahan berupa Cutter / pisau kecil untuk membuang debu yang lengket di roller fan tersebut.

Cara Membersihkan Ac yang Kelima

Tutup MCB/control panel/mesin pengontrol dengan plastik atau sejenisnya agar lebih aman dari percikan air yang terletak sebelah kanan kisi pendingin. Karena dari alat itulah terjadinya semua proses pendinginan, remote control dan yang lain diletakkan.

Cara Membersihkan Ac yang Keenam

Mulailah dengan menyiramnya seperti tahap – tahap cara membersihkan AC bagian outdoor di atas. Jika sudah bersih, kemudian pasang kembali Swing Fan terlebih dahulu baru penutup luarnya (cover AC).

Cara Membersihkan Ac yang Ketujuh

Tunggulah sekitar 2 jam atau lebih untuk menyalahkan AC, semakin lama maka semakin baik. Untuk penyalaan pertama posisikan remote ke posisi FAN jangan sampai ke posisi COOL, DRY, atau AUTO. Ini dimaksudkan supaya menghilangkan air yang masih tersisa di dalamnya, 10 menit kemudian baru dapat diubah ke posisi yang diinginkan.

Manfaat dari Cara Membersihkan AC Secara Rutin

Cara Membersihkan Ac agar Tahan Lama

Air Conditioner (kepanjangan dari AC), adalah sesuatu yang sudah sangat sering kita temukan di setiap ruangan, baik di ruangan kantor ataupun di rumah. Dengan memiliki AC berarti anda wajib merawatnya dengan baik, karena itu penting untuk melakukan service AC demi menjaga AC anda tetap dalam kondisi yang optimal.

Seperti halnya di ruangan saya bekerja. Tiap ruangan di kantorku menggunakan AC supaya saya dan karyawan lain lebih nyaman saat bekerja. Namun bukan hanya itu saja, rupanya service AC mempunyai manfaat-manfaat lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Mari simak 5 manfaat dari AC berikut ini.

Cara Membersihkan AC- Membuat Udara Dalam Ruangan Lebih Bersih

Udara yang bersih adalah modal untuk hidup sehat. Tercemarnya udara bisa berbuntut panjang jika dibiarkan. AC bisa membantu menyaring partikel dan debu di udara sehingga udara yang dihirup menjadi lebih bersih dan segar. Namun AC yang tidak terpelihara dapat membuat kotoran menempel pada pipa evaporator, sehingga kotoran menumpuk dan membuat AC tidak mampu lagi untuk menyaring debu secara efektif.

Cara Membersihkan AC-  Menjaga AC Tetap Dingin

Apabila kotoran bila dibiarkan menumpuk maka kotoran pada filter akan terakumulasi dan membuat filter tidak lagi dapat berfungsi baik. Jika filter tidak bisa menampung lagi, maka kotoran pasti menempel pada pipa evaporator. Hal inilah yang seringkali menjadi penyebab utama kenapa AC anda tidak dingin lagi.

Cara Membersihkan AC- Mencegah Kebocoran

Kotoran yang menempel pada pipa evaporator sering kali berubah menjadi lumut sehingga jatuh menutupi saluran pembuangan AC. Hal tersebut dapat menyebabkan tertutupnya saluran pembuangan dan menjadi salah satu alasan utama terjadinya kebocoran pada AC.

Cara Membersihkan AC- Menghemat Biaya

AC yang kotor dapat membuat AC bekerja lebih berat. Dengan menggunakan logika ini, bisa disimpulkan jika AC yang bersih akan membuat kinerja AC lebih efisien. Sehingga listrik yang dikeluarkan tidak akan cukup besar. Dengan menyervice AC secara rutin, anda juga bisa meminimalisir energi yang yang diperlukan sehingga dapat mengurangi pengeluaran anda juga.

Cara Membersihkan AC- Membuat Umur AC Lebih Panjang

Jika anda membeli AC baru, umumnya pasti tertera anjuran untuk mencuci AC setiap 3-6 bulan sekali. Inilah yang selalu diabaikan oleh orang, sehingga selalu ada kerusakan pada AC menjadi tidak terhindarkan. Padahal, dengan menjaga AC tetap bersih anda juga dapat menghemat pengeluaran uang anda. Jika AC anda rusak, mau tidak mau pengeluaran juga akan menjadi lebih besar baik untuk reparasi ataupun untuk membeli AC baru.

Cara Membersihkan AC- Manfaat AC pada Kesehatan Tubuh

1. Menghindari Dehidrasi

Manfaat pertama ialah AC bisa melindungi kamu dari dehidrasi. Dehidrasi disebabkan karena suhu panas yang berlebih, kemudian ketika berkeringat, cairan tubuh pun pasti berkurang. Penggunaan AC ini pasti mengurangi resiko anda terkena dehidrasi karena AC dapat menghilangkan suhu panas sebagai penyebab keringat.

2. Mengatasi Heat Stroke

Cara Membersihkan AC

Heatstroke yaitu keadaan di mana suhu tubuhmu meningkat secara drastis dikarenakan terpapar suhu panas yang berlebih. Penggunaan AC dapat menjadi solusi untuk menurunkan suhu tubuh dan kestabilan suhu tubuh anda. Dari udara dingin yang dikeluarkan oleh AC, suhu tubuh pasti cepat kembali normal.

3. Meningkatkan Kualitas Udara

Cara Membersihkan AC

AC mempunyai kemampuan untuk menyaring polusi dan bakteri. Kemampuan ini dapat meningkatkan kualitas udara di ruangan. Kualitas udara yang baik tentunya bisa melancarkan dan bisa mencegah gangguan pernapasan. Tetapi ingat, kondisi ini hanya berlaku jika AC anda bersih, AC yang kotor justru dapat memberikan dampak negatif untuk kesehatan.

4. Mengurangi Asma dan Alergi

Sebelumnya telas dijelaskan bahwa AC bisa meningkatkan kualitas udara. Nah, kualitas udara yang baik juga bisa menjauhkanmu dari asma dan alergi. Penggunaan AC akan menghilangkan polusi, bakteri, serta menghambat pertumbuhan jamur dan lumut yang bisa menyebabkan asma maupun alergi.

5. Elemen untuk Relaksasi

AC yang menyejukkan dapat memberikan kenyamanan dan mengurangi tingkat stres dari diri seseorang. Supaya mendapatkan relaksasi yang lebih lagi, anda dapat menambahkan musik klasik dan lilin aromatherapy yang aromanya akan disebarkan angin dari AC.

6. Meningkatkan Produktivitas

Sebelumnya telah disebutkan, bahwa penggunaan AC pada ruangan dapat memberikan kenyamanan pada seseorang. Dalam kondisi nyaman seperti ini, seseorang dapat cenderung bekerja atau beraktivitas dengan hati dan pikiran yang nyaman pula. Berbeda dalam kondisi yang panas. panas bisa mengakibatkan kamu cepat kelelahan dan stes, sehingga tidak bisa berpikir jernih.

7. Menjaga Temperamen

Udara panas bisa menurunkan kinerja otak, sehingga bisa menyebabkan peningkatan pada detak jantung dan tekanan darah. Dengan kata lain, AC juga bisa bermanfaat untuk menjaga anda dari rasa emosi dan cepat marah.

8. Mengatasi Sulit Tidur

AC juga bisa meningkatkan kualitas tidurmu. Suhu tubuh yang panas cenderung akan membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur, pada kondisi seperti ini AC dapat berperan untuk menetralkan suhu tubuhmu. Namun, jangan gunakan AC di suhu yang terlalu rendah, karena justru akan menggangu tidur anda.

9. Menjaga Suhu Ruang untuk Bayi

Penggunaan AC dapat berguna untuk kesehatan pada bayi. Bayi belum bisa mengatur suhu tubuhnya, dan di sini AC berperan supaya menstabilkan suhu tubuhnya. Selain itu, tentunya AC bisa membuat tidur si bayi semakin nyenyak, serta akan mengurangi resiko dehidras, heatstroke, dan ruam kulit pada bayi.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, terungkap bahwa penggunaan AC ternyata dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung. Hal ini dikarenakan penggunaan AC bisa memengaruhi kebersihan udara dan suhu panas berlebih.

Apabila kamu tinggal di daerah dengan kelembapan tinggi, ditambah suhu udara yang panas di siang hari. Ini dapat membuat kualitas napas menjadi berkurang. Alasannya, karena kondisi tersebut dapat menyebabkan stres pada jantung dan fungsi kardiovaskular, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

Itulah artikel Cara Membersihkan AC yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu anda di rumah, di kantor dan dimanapun anda berada. Sekian dan terima kasih.