Di artikel ini Saya akan membantu Anda dalam Cara Memilih  AC yang cocok untuk kebutuhan Anda. Zaman sekarang ini semua merk AC seakan berlomba lomba untuk membuat brousr fitur yang membingungkan.

konsumen bahwa tujuan AC yang utama adalah mendinginkan ruangan. Fitur lainnya adalah tambahan dan disini saya ingin mengingatkan Anda untuk memilih AC yang cocok.

Berbagai fitur seakan membingungkan konsumen bahwa tujuan AC yang utama adalah mendinginkan ruangan. Fitur lainnya adalah tambahan dan disini kami ingin mengingatkan anda untuk memilih AC yang cocok.

Banyak terjadi konsumen membeli AC yang tidak tepat sehingga konsumen sendirilah yang dirugikan baik dari segi penggunaan listrik yang berlebihan maupun ketidaknyamanan dari penggunaan AC tersebut.

Di artikel ini kami berusaha untuk menjelaskannya secara mudah agar anda bisa mengerti secara garis besar apa saja yang penting dalam membeli AC.

Cara Memilih AC

Berikut adalah hal- hal terpenting dalam Cara Memilih AC:

1.Desain Sederhana
2.Pilih AC yang punya fitur ramah lingkungan
3.Pilihlah tipe yang sesuai: low watt, standard, dan inverter
4.Pilih PK Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Anda
5.Peletakan AC
6.Tentukan Budget
7.Beli AC yang Branded
8.Pentingnya Fitur Hemat Listrik
9.Jumlah Orang dalam Ruangan
10.Cermati Fitur Penting pada AC
11.Perhatikan Tipe AC
12.Perhatikan Juga Perangkat Outdoor-nya
13.Garansi Produk
14.Fitur-Fitur Penunjang
15.Pertimbangkan AC dengan Daya Listrik Rendah
16.Pilih Jenis AC yang Sesuai
17.Fitur Tambahan
18.Berikut adalah cara mudah memilih tipe AC
19.Tipe Standard, Low Watt atau Inverter
20.Penggunaan Listrik
21.Pilih AC hemat listrik yang mempunyai daya rendah saat tarikan awal hingga bekerja

Cara Memilih AC

1.Pilih PK Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Anda

Apa itu PK?Itu pertanyaan klasik saat hendak membeli perangkat Air Conditioning atau AC.Sebelum Saya bahas lebih lanjut, mari jawab dulu pertanyaan tentang PK di atas.

PK adalah istilah satuan teknik dalam bahasa Belanda: Paardekracht yang artinya ‘Tenaga Kuda’ atau ‘Daya Kuda’, sebuah satuan unit pengukuran daya pada sebuah mesin. 1 PK setara dengan 735,5 watt.

Istilah daya kuda digunakan oleh James Watt untuk membandingkan performa antara mesin uap dengan kemampuan tarikan kuda (draft horse) yang pada masa itu lazim digunakan untuk menjalankan peralatan seperti alat penggiling.

Dalam bahasa Inggris, digunakan istilah Horse Power atau HP sedangkan di Jerman, kita temukan istilah Pferderstaerke atau PS.

Dalam memilih AC hal pertama yang harus Anda cari tahu adalah berapa PK yang dibutuhkan di AC Anda. Penggunaan PK yang kurang besar akan mengakibatkan ruangan Anda tidak dingin.

Sebaliknya penggunaan PK yang terlalu besar akan mengakibatkan ruangan terlalu dingin dan boros listrik.

Menentukkan PK adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Setelah menentukan PK yang tepat barulah Anda membanding  jenis tipe AC lainnya.

2.Penggunaan Listrik

Pilih AC yang efisien karena penggunaan AC yang kurang tepat akan amat memboroskan biaya listrik Anda. Pastikan Anda membandingkan AC ,setelah mengetahui PK yang dibutuhkan untukAC Anda.

Dalam membandingkannya Anda juga harus melihat berapa watt penggunaan AC pada saat tarikan awal (pertama dinyalakan) hingga pada saat berjalan.

3.Tipe Standard, Low Watt Atau Inverter ?

Split AC saat ini bisa dibagi menjadi 3 tipe yaitu Standard, Low Watt dan Inverter. Tipe Low Watt secara pengertian adalah tipe Standard yang penggunaan daya pada kompressornya dikurangi supaya irit listrik.

Tipe low watt cocok digunakan untuk rumah yang mempunyai daya listrik kecil. Secara konsep cara kerja tipe low watt dan standard sama.

Sedangkan tipe inverter dimana AC inverter akan bekerja amat keras di tarikan awal untuk mendinginkan ruangan dengan cepat.

Saat suhu ruangan mencapai yang disetel di remote maka AC inverter akan mengurangi kinerjanya sehingga penggunaan watt akan relatif lebih rendah.

Tipe inverter menggunakan watt yang amat besar untuk tarikan awal lalu penggunaan watt akan relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin.

4.Berikut Adalah Cara Mudah Memilih Tipe AC

Rumah Anda memiliki daya listrik pas pasan maka gunakan AC Low Watt. Pintu ruangan AC Anda sering dibuka tutup maka gunakan AC Standard atau Low Watt

Anda sering dimatinyalakan maka gunakan AC Standard atau Low Wat.Anda hanya bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai maka gunakan Standard atau Low Watt

Anda nyala dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (contoh di ruang tidur) maka gunakan AC Inverter

5.Fitur Tambahan

Banyak sekali fitur tambahan yang tidak berguna pada AC Anda. Dari semua fitur tersebut Saya merekomendasikan untuk membeli AC yang memiliki fitur pembersih udara dan penghilang bau tak sedap.

Fitur ini mempunyai nama yang berbeda beda di setiap merk jadi pastikan Anda bertanya terlebih dahulu.

Pada merk Sharp, teknologi ini disebut juga teknologi Plasmacluster. Pastikan Anda mencari teknologi serupa pada merk lainnya karena AC ini membuat ruangan Anda lebih nyaman.

6.Pilih Jenis AC Yang Sesuai     

Terdapat beberapa jenis AC yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jenis-jenis AC tersebut adalah AC split, AC cassete, atau AC standing floor.

Namun, untuk penggunaan di rumah kamu bisa menggunakan AC split dan cassete, tergantung ruangannya.

7.Pertimbangkan AC Dengan Daya Listrik Rendah

Kebanyakan orang menunda untuk membeli AC karena takut berhadapan dengan biaya listrik yang meningkat.

Kini ada berbagai AC lowwatt dan inverter yang lebih hemat listrik, tapi terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai suhu yang diinginkan.

PT LG Electronics Indonesia membuat AC LG Dual Cool Series yang memiliki fitur Active Energy Control, yang mempunyai Ladies dapat mengatur daya listrik yang dibutuhkan.

Terdapat empat pengaturan konsumsi daya listrik, mulai dari 100 persen, 80 persen, 60 persen, hingga 40 persen yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk konsumsi daya listrik yang paling rendah contohnya, AC LG Dual Cool Series mampu menekan penggunaan daya listrik saat bekerja hingga mencapai 40%.

Ladies dapat mengaturnya dengan menekan tombol Active Energy Control di remote control, seperti saat suhu ruang di malam hari yang cenderung lebih dingin atau ketika tidak ada banyak orang dalam ruangan.

8.Fitur-Fitur Penunjang

Selain fitur untuk menghemat listrik, pertimbangkan beberapa fitur pelengkap yang ditawarkan oleh perangkat pendingin ruangan.

Untuk menjaga kesehatan penghuni rumah, AC LG Dual Cool Series memiliki fitur pendukung kesehatan yang cukup lengkap.

Mulai dari ionizer yang membasmi bakteri dan bau, skincare untuk menjaga kelembapan kulit, hingga auto cleaning yang dapat melakukan pembersihan otomatis dan mencegah tumbuhnya jamur.

9.Garansi Produk

Sebelum membeli produk elektronik, pastikan untuk mempertimbangkan adanya garansi untuk memberikan rasa aman.

Keuntungannya, jika dalam masa garansi terjadi kerusakan pada AC yang ada di rumah, jasa servis akan memperbaiki mesin AC dengan gratis.

Untuk memastikan AC Anda tahan lama dan hemat listrik, AC LG Dual Cool Series memiliki garansi 10 tahun untuk kompresornya.

Sedangkan untuk melindungi AC dari kerusakan akibat tegangan listrik yang naik turun, LG melakukan inovasi baru pada PCB sekaligus memberinya garansi total selama 2 tahun.

10.Perhatikan Juga Perangkat Outdoor

Selain fitur yang dimiliki, bagian outdoor AC pun memegang peranan penting dalam membuat AC tetap awet.

Berada di luar ruangan, perangkat ini rentan rusak berbagai faktor, mulai dari cuaca ekstrem seperti hujan dan sinar matahari, debu, hingga asap yang memicu karat.

AC LG Dual Cool Series menggunakan teknologi anti-karat Goldfin technology yang membuatnya lebih tahan terhadap karat.

LG  juga melengkapi AC hematnya dengan low refrigerant detector, yang mana akan memberikan sinyal pada Ladies jika terjadi kebocoran refrigerant secara otomatis.

11.Perhatikan Tipe AC

Saat ini, terdapat tiga tipe AC, yaitu strandardlow watt, dan inverter. Pada umumnya, cara kerja tipe standard dan low watt sama saja. Namun, pada tipe rendah daya, kinerja kompresornya lebih kecil, sehingga akan lebih hemat.

AC low watt cocok untuk rumah dengan kapasitas tegangan listrik kecil. Untuk tipe inverterAC dengan tipe ini akan bekerja dengan keras untuk mendinginkan ruangan pada tarikan pertamanya, sehingga akan membutuhkan.

Namun, setalah ruangan dingin watt yang digunakan akan mengecil. Sehingga akan lebih menghemat energi.

12.Cermati Fitur Penting Pada AC

Pastikan fitur dalam AC yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada baiknya Anda baca mengenai fitur-fitur penting yang ada pada pendingin ruangan.

Apakah sudah ada fitur terkini, seperti rendah konsumsi daya, mode otomatis dan lainnya.

Gunakan lah fitur tersebut sebaik mungkin, karena percuma saja jika Anda sudah membeli AC dengan teknologi terkini, namun Anda tidak memanfaatkannya.

13.Jumlah Orang Dalam Ruangan

Jumlah orang dalam ruangan juga akan mempengaruhi tingkat dingin dan kinerja AC yang kamu gunakan.

Ruangan dengan jumlah orang yang terlalu banyak dan PK tidak mencukupi, tentu akan membuat suhu AC menjadi tidak terlalu dingin, dan membuatnya bekerja lebih keras.

Oleh karena itu, memilih PK pada AC juga tergantung dari jumlah orang yang berada didalam ruangan tersebut.

14.Pentingnya Fitur Hemat Listrik

Membeli AC dengan teknologi yang memungkinkan daya listrik diambil tidak terlalu besar alias hemat daya sangat penting untuk jadi pertimbangan.

Sekarang ini, sudah banyak sekali pabrikan yang membekali produk mereka dengan fitur hemat listrik. Jadi, sekiranya kamu tidak sulit mendapatkannya.

15.Beli AC Yang Branded

Banyak sekali merk AC yang sekarang bisa Anda temui di pasaran. Sebaiknya, pilih merk AC yang memang sudah terkenal dan direkomendasikan oleh banyak orang.

Namun tetap saja, coba lah untuk membaca review pemakaian dari orang lain. Sehingga,Anda dapat menentukan merk pilihanmu tanpa penyesalan.

16.Desain Sederhana

Kita tahu bahwa desain AC saat ini sangat beragam, coba saja lewati salah satu toko elektronik terdekat dan perhatikan beragam produk pendingin yang terpampang di salah satu sudut toko.

Dari sekian banyak desain, pilih lah desain yang sederhana. Sehingga, ketika Anda membersihkan filter AC tidak perlu repot melepas komponennya.

17.Tentukan Budget

Pastinya, kamu perlu memastikan berapa budget-mu ketika ingin membeli sesuatu, dalam hal ini adalah AC. Di pasaran, pasti tersedia beragam lini produk dari kelas low end, mid, hingga high end. 

Tinggal Anda sesuaikan berapa besaran pengeluaran yang Anda  sudah tentukan untuk memilih AC, dan pilih yang terbaik.

18.Peletakan AC           

Setelah itu,Anda pun perlu memerhatikan ruangan mana yang akan Anda pasang AC. jika Anda ingin meletakan pada kamar, jenis yang cocok adalah jenis split dengan PK ¾ hingga 2 PK, dan suhu 23 -24 Celsius.

Untuk di ruang tamu dan ruang keluarga Anda juga bisa menggunakan AC dengan tipe cassset dengan 1-2 PK dan atur suhu sekitar 23-26 Celsius.

19.Pilih AC Hemat Listrik Yang Meiliki Daya Rendah Saat Tarikan Awal Hingga Bekerja

Seperti telah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya, urusan memiliki AC mesti disesuaikan dengan luas ruangan yang akan didinginkan. Luas ruangan harus disesuaikan dengan kapasitas PK AC yang mesti Anda dibeli.

Sebab sebuah AC dengan PK yang besar tentu akan berbanding lurus dengan konsumsi listrik atau watt yang dibutuhkan. Tentu tidak akan sejajar bila kita bandingkan berapa konsumsi AC PK dengan AC 1 PK.

Karena itu, jika ingin memilih AC hemat listrik, maka bandingkan dengan tipe yang seimbang, kemudian ketahui berapa konsumsi listrik (watt) pada tarikan awal atau pertamakali dinyalakan hingga AC bekerja.

Meski begitu, jika kita ingin AC yang cepat dingin namun tetap hemat listrik, ada AC canggih yang memberikan fitur dan kemampuan mendinginkan ruangan lebih optimal.

AC dirancang dengan Two Stage Compressor (kompresor dua tahap) yang berfungsi membuat AC lebih cepat dingin dan lebih hemat listrik dibanding AC jenis lain.

20.Pilih Tipe Yang Sesuai; Low Watt, Standard, Dan Inverter

Tipe low watt sebenarnya merupakan tipe standard, namun penggunaan daya pada kompressornya diperkecil agar dapat lebih hemat listrik.

Karena itu, tipe low watt biasanya digunakan pada tipe hunian yang miliki daya listrik rendah.

Dari beberapa tipe yang ada, AC inverter miliki penggunaan daya listrik yang cukup tinggi pada tarikan awal. Tujuannya adalah agar mampu mendinginkan ruangan sesuai dengan suhu yang diinginkan dan di setel pada remote.

Namun ketika telah mencapai suhu yang diinginkan, kinerja AC akan dikurangi hingga dapat memiliki penggunaan watt yang rendah setelah mencapai titik stabil.

Dengan kemampuan tersebut, banyak yang mengatakan jika tipe AC inverter dianggap lebih hemat listrik karena punya penggunaan watt yang relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin.

21.Pilih AC Yang Punya Fitur Ramah Lingkungan

Fitur yang tidak mungkin ditinggalkan dalam urusan hemat listrik adalah AC yang ramah lingkungan. Contohnya AC Gree F1 yang memiliki fitur smart-controlling.

Melalui dari fitur ini peredaran dari freon diatur sehingga membuat AC ini semakin hemat energi.

Selain itu, tipe AC Gree F1 menggunakan freon R32 yang merupakan freon generasi terbaru yang sangat ramah lingkungan.

Seperti diketahui, jika dibanding freon R410A, freon R32 mampu menghurangi tingkat pemanasan global sebesar 75%.

Tidak merusak lapisan ozon bumi, dan mampu menurunkan tingkat pembuangan karbon dioksida, serta mudah didaur ulang.

Bagiamana, cukup mudah bukan Cara Memilih AC ?Semoga tips Cara Memilih AC di atas bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari AC yang cocok untuk rumah Anda.

Dan jangan lupa bila Anda sudah memiliki AC silahkan berkunjung ke artikel saya yaitu Cara merawat AC