Cara Mencuci AC

Cara Mencuci AC Sederhana Dan Bisa Dilakukan Sendiri

Assalamu’alaikum wr.wb
Di artikel ini saya akan memberitahu kepada Anda bagaimana cara Mencuci AC. Nah,Cara mencuci AC rumah bisa dikatakan susah-susah gampang.

Jika kita tidak mengenali dengan baik karakteristik dari sebuah produesn AC  tersebut. Di daerah  seperti halnya di perkotaan seringkali udara terasa panas baik siang hari maupun malam hari.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni karena terlalu padatnya penduduk yang bermukim, banyaknya area-area industri, kendaraan-kendaraan yang berada di jalan raya relatif banyak.

Keadaan tersebut memicu meningkatnya kadar karbon dioksida dan memicu menurunnya kadar oksigen yang ada sehingga menimbulkan udara menjadi panas.

Dalam hal mengatasi masalah tersebut, pada akhirnya banyak orang yang memutuskan untuk memasang AC guna mengurangi rasa panas yang mereka rasakan.Dan diartikel ini saya juga akan memberitahu kepada Anda :

1.Cara Mencuci AC
2.AC Sudah Tidak Dingin
3.Tips & Trik Cara Memilih AC
4.Merek AC Terbaik

CAra Mencuci dan Merawat AC

1.Berikut Ini Cara mencuci AC Bisa Anda Lakukan Sendiri Dirumah :

Cara Mencuci AC Dengan Menggunakan Alat Penyedot Debu, Kemoceng, Dan Lap Untuk  Membersihkan Filter AC

Anda bisa memanfaatkan alat penyedot debu, kemoceng, dan lap kering untuk membantu anda mencuci AC di rumah.

Yang pertama harus anda lakukan adalah mematikan dan mencabut soket AC dari sambungan listrik agar tidak beresiko.

Karena air merupakan benda yang mempunyai sifat penghantar listrik yang baik dan nantinya juga bisa membahayakan anda.

Bersihkan di daerah depan AC Anda dengan kemoceng terlebih dahulu ke semua bagian luarnya. Selanjutnya anda bisa mengelapnya dengan menggunakan kain dalam keadaan setengah basah.

Lakukan pengelapan secara menyeluruh untuk mengangkat sisa-sisa debu yang menempel.

Jangan lupa lakukan pengelapan kembali dengan menggunakan lap kering untuk mengangkat uap air agar tidak menimbulkan bercak-bercak uap air yang mengering sehingga akan mengotori cover AC anda.

Setelah itu Anda browsing atau membaca buku petunjuk mengenai cara membuka dan juga membersihkan bagian filter tersebut, agar bisa anda pahami dengan baik.

Jika Anda sudah paham betul, bersihkan debu yang bersarang di area filter AC dengan menggunakan alat penyedot debu.

Nah, proses tersebut bisa dilakukan sesuai dengan kenyamanan anda saja, alat penyedot debu atau pun kuas sama saja.

Selanjutnya cuci bagian filter AC Anda tersebut dengan menggunakan air bersih dan sabun pencuci piring. Jangan lupa untuk membilasnya sampai benar-benar bersih agar anda tidak kerja dua kali.

Setelah itu yang perlu anda lakukan adalah menyandarkan filter tersebut di dinding bagian luar rumah yang terkena sinar matahari secara langsung, untuk mendapatkan hasil pengeringan yang maksimal.

Jangan lupa untuk melakukan pengelapan untuk memastikan tidak ada air dan debu yang masih tersisa.

Cara Mencuci AC Dengan Membersihkan Bagian Kumparan Evaporator Dan Juga Kipas

Anda juga bisa membeli cairan yang digunakan untuk pembersih AC di toserba atau semacamnya yang biasanya tersedia dalam bentuk semprotan agar lebih memudahkan penggunanya.

Pasalnya pada bagian kumparan evaporator dan juga kipas terpasang secara permanen di bagian dalam AC tersebut

Jadi membutuhkan tingkat ketelitian dan ketelatenan dari anda agar nantinya pada saat melakukan penyemprotan bisa tepat ke sasaran yang dituju.

Nah selain itu, anda juga perlu melakukan pengalasan di bagian dinding bawah AC dan juga lantai bawah AC anda.

Hal tersebut berfungsi untuk mencegah kotoran yang menetes dan mungkin akan tercecer di lantai sehingga akan membuat kotor bagian dinding dan lantai anda.

Proses pengalasan sebaiknya dilakukan sebelum melakukan penyemprotan. Yang perlu diingat dalam melakukan penyemprotan yaitu ikuti tata cara penggunaannya supaya tidak merusak komponen AC Anda tersebut.

Cara Mencuci AC Dengan Membersihkan Bagian Unit Outdoornya

Tidak perlu khawatir secara berlebihan ketika anda dihadapkan pada situasi yang mengharuskan anda untuk membersihkan sendiri bagian unit AC yang ada di outdoor.

Pada dasarnya masyarakat merasa ragu untuk melakukan pembersihan bagian unit AC yang ada di outdoor dan hanya membersihkan unit AC yang di indoor saja.

Untuk memulai membersihkan unit yang berada di outdoor, terlebih dahulu copot sambungan kabel yang terhubung langsung dengan listrik agar tidak beresiko.

Jangan ragu ketika anda menyemprotkan air yang bertekanan ke arah unit outdoor karena bagian tersebut sudah di design sedemikian rupa supaya air tidak mudah masuk ke bagian dalam.

Sistem yang berhubungan langsung dengan listrik.

Penyemprotan berguna untuk merontokkan debu dan kotoran yang bersarang di unit tersebut.

Oleh karena itu sangat diperlukan penyemprotan dengan sedikit tekanan agar untuk memaksimalkan proses terangkatnya kotoran yang membandel.

Proses tersebut tidak perlu anda lakukan terlalu sering seperti halnya unit AC ya.
Bagaimana mudah bukan cara mencuci AC.

2.AC Sudah Tidak Dingin

Berikut adalah beberapa kemunkinan penyebab AC lama yang sudah tidak dingin:

  • Filter udara yang kotor
  • Coil AC yang kotor
  • Permasalahan pada kompressor AC
  • Kurang Freon pada AC

Hal pertama yang harus dicek ialah kapan terakhir kali AC Anda diservis atau dicuci ? umumnya AC dicuci atau diservis setiap 3 bulan sekali.

Apabila filter udara anda kotor maka udara tidak bisa mengalir dengan seharusnya didalam AC sehingga kapasitas pendinginan AC ini akan berkurang.

AC yang kotor bisa membuat saluran didalamnya tersumbat hingga bocor karena mampet di saluran pembuangan.

Coil AC yang kotor akan membuat AC tersebut tidak bisa mempertahankan temperatur yang diinginkan sehingga kompressor AC akan terus bekerja maksimal untuk mendinginkan ruangan.

Untuk masalah kurangnya freon pada AC Anda. Harus bertanya kapan terakhir kali Freon diisi. Dengan instalasi yang benar seharusnya Freon akan bertahan hingga 2-3 tahun.

Apabila Freon sudah harus diisi dalam beberapa bulan berarti ada kebocoran dalam AC anda

Selain 4 alasan diatas juga ada beberapa alasan lainnya seperti kerusakan pada thermostat AC yang mengatur suhu udara, kerusakan pada thermistor, dan kerusakan pada control board.

Apabila AC anda sudah tidak dingin kami sarankan anda untuk mencari tukang servis AC untuk dibersihkan dulu. Apabila ada kerusakan kami menyarankan langsung datang atau  menghubungi service center AC yang resmi.

3.Tips & Trik Cara Memilih AC

Pilih PK Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Anda

Istilah daya kuda digunakan oleh James Watt untuk membandingkan performa antara mesin uap dengan kemampuan tarikan kuda (draft horse) yang pada masa itu lazim digunakan untuk menjalankan peralatan seperti alat penggiling.

Dalam bahasa Inggris, digunakan istilah Horse Power atau HP sedangkan di Jerman, kita temukan istilah Pferderstaerke atau PS.

Hal pertama saat hendak memilih AC Anda harus mencari tahu berapa PK yang dibutuhkan di AC Anda. Penggunaan PK yang kurang besar akan menyebabkan ruangan Anda tidak dingin.

Sebaliknya penggunaan PK yang terlalu besar akan menyebabkan ruangan terlalu dingin dan boros listrik.

Menentukkan PK adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Setelah menentukan PK barulah Anda membanding  dengan jenis type AC lain.

Penggunaan Listrik

Pilih AC yang efisien karena penggunaan AC yang kurang tepat akan membuat biaya istrik Anda boros. Pastikan Anda membandingkan AC ,setelah mengetahui PK yang dibutuhkan untukAC Anda.

Dalam membandingkannya Anda juga harus melihat berapa watt penggunaan AC pada saat tarikan awal (pertama dinyalakan) hingga pada saat berjalan.

Tipe Standard, Low Watt Atau Inverter ?

Split AC saat ini bisa dibagi menjadi 3 tipe yaitu Standard, Low Watt dan Inverter. Tipe Low Watt secara pengertian adalah tipe Standard yang penggunaan daya pada kompressornya dikurangi supaya irit listrik.

Tipe low watt cocok digunakan untuk rumah yang mempunyai daya listrik rendah. Sebenarnnya konsep cara kerja type  low watt dan standard sama.

Sedangkan tipe inverter dimana AC inverter akan bekerja amat keras di tarikan awal untuk mendinginkan ruangan dengan cepat.

Saat suhu ruangan sudah mencapai yang disetel di remot.AC inverter akan mengurangi kinerjanya sendiri sehingga penggunaan watt akan relatif lebih rendah.

Tipe inverter menggunakan watt yang amat besar untuk tarikan awal lalu penggunaan watt akan relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin.

Berikut Adalah Cara Mudah Memilih Tipe AC

Rumah Anda mempunyai daya listrik pas pasan maka gunakan AC Low Watt. Jika pintu ruangan AC Anda sering dibuka tutup Ac yang tepat adalah AC standar atau Low wat

Anda juga sering dimatinyalakan maka Ac yang tepat adalah AC Standard atau Low Wat.Anda hanya bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai maka Ac yang tepat adalah AC Standard atau Low Watt

AC Anda menyala dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (contoh di ruang tidur) maka Ac yang tepat adalah AC Inverter

Fitur Tambahan

Banyak fitur tambahan yang tidak berguna pada merek AC. Dari semua fitur tersebut Saya menyarankan untuk membeli AC yang memiliki fitur pembersih udara dan penghilang bau tak sedap.

Fitur ini memiliki nama yang berbeda di setiap merek jadi pastikan bertanya terlebih dahulu.

Pada merek Sharp, teknologi ini bisa juga disebut teknologi Plasmacluster. Pastikan Anda mencari teknologi serupa pada merk lainnya karena AC jenis ini membuat ruangan Anda lebih nyaman.

4.Berikut Ini Merek AC Terbaik

Merek AC Terbaik Daikin

Saat berbicara tentang merk AC terbaik, maka Daikin menjadi salah satu merk AC yang cukup banyak dicari. Merek AC Daikin bukan lagi suatu hal yang asing lagi di Indonesia karena sudah lama berada di pasar indonesia.

Daikin selalu konsisten memberikan teknologi yang terbaik untuk keluarga Anda. AC Daikin menjadi salah satu solusi agar membuat rumah Anda selalu sejuk di tengah panasnya udara di luar sana akibat pemanasan global.

Tidak hanya untuk rumahan, Daikin juga menyediakan AC untuk industri dan komersil. Untuk AC rumahan, Daikin memiliki dua jenis tipe AC yang ditawarkan, yaitu AC split dan multisplit (1 mesin untuk 2 unit AC).

Perusahaan AC asal Jepang ini memiliki beberapa seri AC terbaik yang ditawarkan. Semua seri terbaru dari produk ini sudah memiliki teknologi inverter yang akan membantu Anda menghemat energi.

Sebagai produsen AC yang telah berdiri sejak lama, produk AC Daikin pastinya tidak perlu diragukan lagi dengan kualitasnya.

Merek AC Terbaik Panasonic Delux

Panasonic mengklaim bahwa produk yang satu ini sebagai produk yang ramah lingkungan. Teknologi AC Panasonic jenis ini dirancang khusus untuk bisa beradaptasi dengan kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari di dalam ruangan.

Siapa yang tidak kenal dengan produsen ini?. Berbagai macam  barang elektronik ini? Mulai dari televisi, kulkas,blender, AC dan lain sebagainya.

Panasonic telah menjadi salah satu produk yang masuk dalam daftar merk AC terbaik. Yang ada di Indonesia meskipun Panasonik tidak hanya fokus pada satu macam elektronik saja.

Akan tetapi AC panasonic memiliki kualitas yang baik. Selain itu juga produk AC ini memiliki pilihan yang lengkap. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda dalam menggunakan pendingin ruangan.

Ada berbagai macam jenis type AC yang ditawarkan oleh Panasonic ini. Diantaranya yaitu single split, cassette type, ceiling type hingga floor standing type.

Selain itu, untuk AC rumahan hampir semuanya sudah dilengkapi dengan teknologi inverter. Dengan teknologi inverter yang digunakan produk tersebut maka penggunaan daya listrik dapat diminimalkan.

Merek AC Terbaik Sharp Sayonara Panas

Dengan slogan “sayonara panas” ini, sharp menawarkan mesin pendingin ruangan yang dapat menjadikan para konsumen betah dan nyaman tidak kepanasan.

Sharp tipe ini adalah AC yang ramah lingkungan, menggunakan Freon yang aman dan tidak merusak lapisan ozon.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan sebuah produsen barang elektronik asal negeri tirai Bambu ini? Ada berbagai macam produk yang dihasilkan oleh produsen Sharp ini.

Yaitu diantaranya adalah Kulkas, televisi, mesin cuci, AC dan masih banyak lagi yang lainnya.Hampir semua produk yang dihasilkan oleh Sharp ini diakui masyarakat akan kualitasnya.

Sehingga tidak mengherankan jika di pasaran produk sharp apapun jenisnya laris-manis. Hebatnya lagi, produk ini juga mampu bertahan hingga dalam waktu yang lama alias awet.

Merek AC Terbaik LG

LG atau Life Good adalah AC terbaik yang laris manis di pasaran.Produk itu menjadi salah satu merk besar yang menguasai pasar elektronik di Indonesia.

Yang dimaksud mampu untuk mensterilkan deodorasi dan bakteri hingga 99,9 persen. Selain itu juga memiliki desain yang elegan sehingga akan mempercantik desain ruangan Anda.

Bahkan untuk seri  D10SMV, panelnya terletak tersembunyi sehingga tampilan dari AC ini lebih cantik. Fitur lain yang juga dibanggakan oleh LG adalah  memiliki Jet Cool.

Sehingga mampu mendinginkan sebuah ruangan secara cepat sekalipun baru pertama kali dinyalakan.

Merek AC Terbaik Haier               

Jika Anda menginginkan merk AC yang memiliki kualitas yang bandel maka Haier menjadi jawaban atas kebutuhan Anda tersebut.

AC ini dilengkapi dengan teknologi Photocatalytic Filter yang mana mampu mengurangi bau dalam ruangan.  Dan juga dilengkapi dengan teknologi Intelligent Air Flow.

Yaitu yang mampu menyebarkan udara dingin ke seluruh ruangansecara merata. Ac haier jenis ini merupakan rekomendasi AC terbaik dengan harga yang masih bisa dijangkau karena tidak terlalu mahal.

AC ini juga telah dilengkapi dengan I Feel Function. Yaitu sebuah sensor kecil pada remote control yang bisa merasakan suhu disekitar ruangan. Untuk mengirimkan sinyal pada IDU.

Dengan demikian, AC ini akan menyesuaikan udara dan suhu di dalam sebuah ruangan supaya bisa bekerja dengan optimal.

Uniknya, Haier SAP-KC109FG3 type  ini juga telah dibekali dengan multi-function filter. Yang berguna bisa menghasilkan udara yang mengandung antioksidan dan vitamin C.

Dengan demikian, Anda tidak perlu untuk khawatir dengan udara kotor yang ada di dalam rumah.

Merek AC Terbaik Polytron

AC merek polytron satu ini telah menggunakan teknologi terbaru yaitu Aurora Ice. Teknologi ini mampu mendinginkan ruangan dengan lebih cepat dibandingkan produsen lain.

Sehingga sangat cocok untuk dipasang di dalam ruangan rumah atau kantor Anda. Kemudian timbul pertanyaan, dengan begitu apakah listrik akan menjadi boros? Tidak.

Karena, Aurora Ice ini mendinginkan suhu ruangan sesuai dengan suhu yang telah kita tentukan.

Ketika suhu ruangan telah mencapai temperature yang diinginkan maka compressor otomatis akan mati.Dengan sendirinya untuk menghemat daya listrik.

Merek AC Terbaik Samsung

Produk ini dibekali dengan triangle design untuk bisa menghadirkan udara dingin dengan lebih cepat. Meskipun tidak memiliki seri AC yang banyak, tetapi kualitas dari AC Samsung tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Bahkan produk AC paling mutakhir yang dikeluarkan oleh produsen Samsung. Mempunyai desain segitiga yang mampu membuat sirkulasi udara menjadi lebih cepat dingin.

Selain itu, dengan desain seperti itu udara dingin dapat menyebar merata hingga ke seluruh ruangan. Pendingin AC ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi digital Inverter yang mampu menghemat energi yang digunakan.

Sedikit tips bagi Anda terimakasih sudah membaca artikel Cara Mencuci AC smoga artikel tersebut bermanfaat bagi Anda,dan silahkan berkunjung juga ke artikel Cara Merawat AC

Wassalamu’alaikum wr.wb