Kemasan kertas merupakan kemasan fleksibel pertama sebelum ditemukan plastik dan aluminium foil. Saat ini jenis kertas kemasan makanan dan produk lainnya masih banyak digunakan.

Kemasan kertas juga mampu bersaing dengan kemasan lain seperti plastik dan logam. Hal ini dikarenakan harganya yang murah, mudah diperoleh dan bisa digunakan sesuai keinginan.

Selain sebagai kemasan, kertas juga berfungsi sebagai media komunikasi dan media cetak. Kelemahan jenis kertas kemasan makanan (produk) untuk mengemas bahan pangan adalah sensitif terhadap air dan mudah dipengaruhi oleh kelembaban udara lingkungan.

Jenis kertas kemasan makanan

Sifat-sifat kertas kemasan sangat tergantung pada proses pembuatan dan perlakuan tambahan. Kemasan kertas dapat berupa kemasan fleksibel atau kemasan kaku. Berikut ini jenis kertas kemasan makanan (produk) :

Karton

jenis kertas karton

Jenis kertas ini cukup tebal, biasa digunakan untuk kerangka dalam suatu undangan hard cover, kotak cidera mata , kotak cincin, maupun kotak makanan.

Bahan ini memberi kesan kokoh dan kuat. Kertas ini tidak bisa dicetak offset. Biasanya dilapisi dengan art paper atau dupleks dan bahan lainnya agar lebih menarik. Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalan, biasanya disebut YB 25, 30, 40 .

Samson Kraft

jenis kertas kemasan makanan

Bahan kertas yang berasal dari proses daur ulang, memiliki warna coklat muda dan ada juga yang coklat tua. Umumnya digunakan untuk kertas bungkus, namun karena kesannya klasik bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan paperbag, hangtag, karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna saja. Gramasi yang umum digunakan 150gr, 220gr (carton)

Corrugated

Atau disebut Kotak Karton Gelombang (KKG) adalah alat kemasan berbentuk kotak yang terbuat dari satu atau beberapa lembar kertas kraft liner dan kertas medium sebagai lapisan yang bergelombang.

Adanya lapisan bergelombang inilah yang membedakan kotak karton gelombang dengan kotak karton lainnya. KKG merupakan kemasan transportasi atau kemasan distribusi yang paling umum digunakan saat ini. Kertas ini juga bisa di padu dengan kertas duplex dan bisa cetak berwarna. salah satunya bisa buat kemasan kue.

Untuk keperluan kardus ada 3 jenis :

corrugated
1. Single wall

Bahannya terdiri dari 3 bagian kertas dengan ketebalan 2 sampai 5 mm. Tipe jenis ini biasa digunakan untuk mengemas barang elektronik, mainan, makanan, minuman, lapisan pembatas dan lain-lain. Gambar di bawah ini menerangkan ketebalan kertasnya.

Flutes  2.Double Wall

Bahannya terdiri dari 5 bagian kertas dengan ketebalan mencapai 7 mm. Tipe jenis ini biasa digunakan untuk mengemas barang yang sama dengan tipe single wall, hanya saja berlapisan lebih tebal.

3.  Triple Wall

Bahannya terdiri dari 7 bagian kertas dengan ketebalan mencapai 10 mm. Karena tebalnya, jenis ini biasa dipakai untuk mengemas barang-barang berat, aktivitas pengiriman, dan ekspor dalam jumlah besar.

Dupleks

dupleks

Bahan ini gampang dibedakan dengan bahan lainnya. Jenis kertas ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain (bagian belakang) berwarna abu-abu.
Kertas ini umum dipakai sebagai alas buku jenis nota, dan khususnya untuk pembuatan kotak pengemasan. Karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lainnya.
Biasa dicetak hanya 1 sisi, di bagian sisi yang berwarna putih. Gramasi yang umum dipakai 250gr, 310gr, 350gr, 400gr.

Ivory

ivory paper

Kertas yang aman untuk digunakan sebagai jenis kertas kemasan makanan. Jenis kertas ini memiliki 2 sisi berwarna putih dengan tekstur yang berbeda. Satu sisi bertekstur halus dan sisi satunya lagi sedikit kesat seperti HVS.

Biasanya digunakan untuk kotak atau pengemasan karena cukup tebal dan kokoh. Dan yang menjadikan kertas ini lebih banyak peminatnya adalah, kesan ”Eksklusif” nya.

Kemasan makanan di restoran sekarang pun banyak yang menggunakannya sebagai bahan dasar dus makanan. Selain aman untuk makanan, kertas ini juga mempunyai kesan lebih eksklusif. Gramasi yang umum digunakan adalah   250gr, 300gr, 350gr.

Penggunaan kertas ini sekarang banyak diminati. Apalagi dalam proses pembuatan dos makanan atau Paper Bag. Selain tebalnya, kertas ini juga ternyata salah satu jenis kertas yang Food Grade (tidak berbahaya bagi makanan yang di konsumsi). Jadi kertas ini sangat sesuai dipakai untuk restauran-restauran yang ingin menjual makanan untuk dibawa pulang oleh konsumen.

Kertas standar untuk pencetakan dengan mesin offset dan print digital dengan permukaan bagian depan dan belakang semi kilap (shiny) dan halus. Kertas Artpaper ini sangat cocok untuk segala jenis cetakan Full Color /separasi warna. Untuk menambah kesan elegan pada cetakan dapat di tambahkan dengan Laminating Doff, Laminating Glossy dan Cetak UV (Ultra Vernish).

Art paper

jenis kertas kemasan makanan

Kertas yang permukaannya dilapisi (coated), permukaannya lebih rata dan jika dicetak menimbulkan efek glossy. Biasanya kertas ini digunakan untuk mencetak brosur, majalah, katalog, kotak atau kemasan karena dua bagian mengkilap. Dan yang menjadikan kertas ini lebih banyak peminatnya adalah kesan ”Eksklusif” nya. Kemasan makanan di kios makanan maupun restoran sekarang pun ada yang menggunakan untuk produk tertentu. Gramasi yang umum digunakan adalah 100gr, 120gr, 150gr.