AC Anda sudah tidak dingin lagi? Berikut ini saya ingin memberi tips Cara Mengatasi AC Tidak Dingin dan jasa service.

Apa yang kamu lakukan apabila suhu di rumah mulai terasa panas? Salah satu caranya adalah menyalakan pendingin ruangan alias air conditioner (AC).

Kehadiran AC sangat penting bagi masyarakat modern zaman sekarang, karena mampu memberikan udara sejuk dengan suhu yang bisa diatur sesuka hati. AC dijual dengan ragam ukuran, keunggulan, kapasitas, sampai harga.

Permasalahan yang sering menghantui oleh kalangan pengguna AC adalah AC yang tidak dingin.

Fenomena ini kerap menjadi mimpi buruk bagi beberapa orang karena mereka akan kepanasan dan berujung pada ketidakmampuan melakukan aktivitas dan pekerjaan dengan lebih produktif.

Penyebab AC tidak dingin pun bisa juga faktor eksternal maupun internal. Maka dari itu, mari kita simak bersama dengan lebih rinci cara mengatasi AC tidak dingin.

Cara Mengatasi AC Yang Tidak Dingin Lagi Dan Jasa Servic

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

Setingan Remot AC Yang Tidak Sesuai

Kesalahan dalam menetapkan suhu AC bisa menganggu kenyamananmu saat bekerja atau sekedar bersantai dalam kamar. Misalnya, suhu ruanganmu 23  derajat Celcius tetapi kamu memasang suhu AC 26 derajat Celcius.

Hal ini jelas salah karena AC mengeluarkan suhu yang lebih tinggi dari suhu ruangan Anda. Maka dari itu, kamu harus mengatur suhu AC dengan benar.

Apabila suhu ruangan 25 derajat Celcius, atur suhu AC di bawah angka tersebut, misal 18 derajat Celcius atau 20 derajat Celcius.

Cara lain untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin ialah dengan mengatur AC melalui remote dengan setting “COOL”. Dengan mengatur suhu AC yang tepat, kamu bisa bekerja dengan produktif di atas meja kerja.

Cara menangulanginya cukup dengan melakukan pengaturan mode pada posisi cool atau Auto.

Anda juga bisa melakukan pengaturan di remot AC dengan mode kipas atau fan pada posisi maksimal agar udara yang keluar lebih kencang dan sejuk.

Outdoor AC Tidak Hidup.

Outdoor AC yang tidak hidup akan menimbulkan AC yang tidak dingin, kompresor AC tidak akan bekerja mensirkulasikan freon pada jalur pipa AC.

Untuk menangulanginya silahkan cek arus listrik yang keluar dari indoor, cek juga jalur kabel dari indoor unit ke outdoor unit.

Jika kabel masih bagus dan arus sampai di outdoor unit kemungkinan ada komponen pada outdoor atau kompresor AC yang rusak.

Freon AC Kurang/ Habis

Penyebab AC tidak dingin yang lainnya adalah kekurangan freon atau habis freon, zat yang mengandung klorin, Hidrogen, dan broming ini yang membuat AC menjadi dingin.

Jika freon kurang dari tekanan standard yang disarankan pada AC bisa membuat pipa dan evaporator AC menghasilkan gumpalan es, bahkan kalau freon AC kosong otomatis AC tidak akan dingin.

Freon yang kurang atau habis disebabkan karena ada kebocoran pada jalur pipa sirkulasinya, untuk itu sebelum dilakukan penambahan dan pengisian freon.

Untuk mengatasi kekurangan freon sebaiknya dilakukan pengecekan kebocoran pada jalur pipa dan melakukan pengelasan pada pipa yang bocor, setelah itu baru di isi freon.

Kipas Indoor Atau Outdoor Tidak Berputar

Kipas pada unit indoor berguna untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator.

Jika kipas indoor tidak berputar atau putaran lemah maka akan menimbulkan udara diruangan tidak dingin dan akan menjadi udara didalam ruangan panas.

Kipas pada bagian outdoor berguna untuk membuang udara panas yang dihasilkan oleh kondensor, jika kipas ini tidak berputar kompresor bisa menjadi panas, bahkan bisa membuat kompresor macet sehingga AC tidak akan dingin.

Pintu Dan Jendela Yang Terbuka

Saat kamu menyalakan AC, apakah kamu sudah memastikan bahwa pintu dan jendela ruangan sudah tertutup rapat? Jika belum, mungkin hal ini menjadi penyebab AC tidak dingin.

Pintu dan jendela yang terbuka sedikit bisa berpengaruh pada suhu ruangan sehingga terasa tidak sedingin biasanya.

Untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin satu ini, Anda hanya cukup menutup pintu dan jendela saat AC dinyalakan.

Apabila kamu ingin keluar ruangan, segera tutup kembali pintu. Aksi ini termasuk simpel, lho. Jadi, pastikan kamu selalu menutup pintu dan jendela, ya!

Luas Ruangan Tidak Sesuai Dengan Kapasitas AC.

ruangan terlalu luas dengan satu AC.Bisa jadi penyebab terjadinya AC tidak dingin adalah pemilihan ukuran yang tidak tepat.

AC yang memiliki kapasitas kecil jelas tidak bisa memberikan semburan udara dingin di ruangan yang besar.

Jika penyebab AC tidak dingin ini terjadi, ada baiknya bila Anda  menggantinya dengan AC yang mempunyai ukuran lebih besar.

Cara lain untuk mengatasi masalah AC tidak dingin karena ukuran adalah dengan menggunakan AC kecil dalam jumlah lebih dari satu.

Cara ini sering menjadi jalan keluar dari penyebab AC tidak dingin demi ruangan yang nggak panas.

Anda juga bisa bersantai di atas sofa sambil menonton TV atau membaca buku kesayanganmu dengan tenang.

Sebaiknya jika Anda ingin memasang AC untuk ruangan 3 M x 3 M dipasang AC ukuran 1/2 Pk, ruangan 3 M x 6 meter AC 1 Pk, dan ruangan 6 Meter x 6 Meter dipasang AC 2 PK.

Kondisi Ruangan

Ruangan yang terpapar langsung dengan matahari akan mengakibatkan kinerja ac berkurang, begitu juga kalau dinding ruangan yang terkena sinar matahari langsung.

Untuk mengatasinya sebaiknya remote ac di setting pada temperature paling rendah,  bisa juga dengan mengganti ac dengan kapasitas yang lebih besar.

Kabel Koneksi Dari Indoor Ke Outdoor Terputus.

Supaya kompresor AC bekerja diperlukan arus listrik, jika kabel penghubung antara unit dalam sama unit luar terputus maka akan menyebabkan AC tidak akan dingin. Untuk mengatasinya dengan cara mengganti kabel tersebut.

Komponen Pada PCB Rusak.

Arus listrik yang menyalakan kompresor diatur melalui komponen yang terdapat pada papan PCB.

Jika komponen untuk pengatur arus di papan PCB rusak/ tidak berfungsi membuat AC tidak dingin. Untuk menanggulanginya bisa dengan melakukan service PCB atau penggantian PCB baru.

Jika Anda berada dikota Jogja ingin service AC maka silahkan baca artikel di bawah ini Service AC Yogyakarta

Filter AC Yang Jadi Penyebab AC Tidak Dingin

AC yang jarang dibersihkan akan menyebabkan kinerja tidak optimal. Filter adalah Salah satu unsur yang mendukung kinerja AC dalam menghantarkan suhu dingin adalah filter AC.

Filter berguna untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada dalam udara AC. Lama kelamaan, kotoran tersebut akan menyumbat saringan filter sehingga udara dingin tidak mampu menembus keluar.

Cara mengatasi AC tidak dingin ini ialah rutin membersihkannya. Cuci filter sebulan sekali supaya filter bersih dari kotoran.

Sebelum membersihkan, pastikan kamu menutup barang-barang di sekitar AC seperti kasur dengan koran agar barang tersebut nggak kotor. Pasang filter kembali dan kamu akan mendapatkan udara  dingin dan menyejukkan.

Kondensor AC Yang Kotor

kondensor AC kotor penyebab AC tidak dingin.
Tidak cuma filter, kondensor AC yang kotor juga bisa jadi penyebab AC tidak dingin dan panas.

Kondensor terletak di bagian luar AC yang berguna untuk memanaskan gas refrigerant (freon) pada suhu tertentu.

Sama halnya dengan filter, jika kondensor kotor, maka nggak akan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan optimal yaitu melakukan proses pendinginan.

Anda perlu membersihkan kondensor secara rutin untuk mencegah dampak dari penyebab AC tidak dingin jenis ini. Tindakan ini bisa kamu lakukan sendirian. Gunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran.

Anda juga bisa memakai selang air dengan menggunakan arus air yang pelan sehingga kondensor tidak rusak.

Apabila kamu tidak menggunakan AC dalam waktu lama, tutup kondensor dengan kain agar konsensor tidak jadi penyebab AC tidak dingin. Jangan taruh kondensor di tempat di mana banyak tanaman hias dan ranting pohon.

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Penyebab mengapa AC tidak dingin walaupun sering dicuci adalah tegangan listrik yang tidak stabil. AC sendiri memiliki tegangan yang lebih besar jika dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya.

Sehingga tegangan listrik yang tidak stabil dapat mempengaruhi kinerja mesin AC. Namun Anda tidak usah khawatir, tinggal menunggu tegangan listrik normal kembali, maka secara otomatis AC akan kembali dingin.

Peletakan mesin AC di tempat yang sempit

Mesin AC biasanya diletakkan di luar ruangan. Namun, jika Anda meletakkan mesin AC di ruangan outdoor yang sempit, kompresor AC akan menjadi mudah panas dan rusak.

Hal ini bisa mengganggu kinerja AC Anda sehingga akan mempengaruhi AC Anda tidak dingin.

Solusinya adalah dengan meletakkan mesin AC di outdoor atau ruangan yang terbuka dan pastikan memiliki jarak minimal 60 cm dari tembok pada setiap sisinya.

Jika ternyata Anda sudah mencoba semua solusi diatas namun AC Anda masih tetap tidak dingin, maka solusinya Anda harus mendatangkan jasa service AC

Jika Anda  berada di wilayah Yogyakarta berikut ini merupakan jasa service AC dan total biaya sekiranya jika Anda ingin service AC yang berada di lokasi Yogyakarta

Berikut Jasa Service AC Yogyakarta

Servic AC Jogja

Tak mau kenyamanan ruangan Anda terganggu dengan udara yang terkontaminasi kuman bakteri dan partikel berbahaya lainnya? Lakukanlah service AC.

Service AC selain berfungsi untuk mengurangi dampak buruk bagi tubuh manusia juga bertujuan untuk menjaga kondisi AC agar tetap optimal kerjanya dan bisa tahan lebih lama.

Anda perlu melakukan perawatan rutin paling tidak 3 bulan sekali untuk menghindari terjadinya kerusakan AC.

Dengan begitu pula Anda dapat melakukan pengecekan setiap komponen agar dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Namun perawatan ini lebih baik dilakukan oleh tenaga profesional yang mengerti seluk beluk komponen dari AC itu sendiri.

Service AC Di Yogyakarta

Guna memastikan keamanan dan kenyamanan pelayanan, Anda harus memilih tempat terpercaya yang menyediakan jasa perawatan pendingin ruangan Anda.

Salah satu caranya yang sangat efektif ialah dengan menggunakan SejasaJogja yang sudah berpengalaman di bidang service AC Jogja .

Mengingat pentingnya service bagi performa setiap komponen AC itu sendiri, maka mencari pemberi layanan jasa yang terpercaya bertujuan untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari teknisi handal.

AC yang tidak optimal dalam bekerja, pastinya akan sangat mengganggu produktifitas anda dalam bekerja sehari-hari, seperti kerja kantoran, meeting,  aktivitas belajar mengajar atau bahkan aktivitas istirahat anda.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi anda untuk melakukan perawatan AC secara rutin atau berkala untuk mencegah terjadinya kerusakan yang akan timbul akibat tidak dirawat.

Jika AC anda tidak dilakukan perawatan dengan rutin, maka masalah-masalah yang akan timbul yaitu seperti AC tidak dingin,  AC beku, AC bocor, penggunaan listrik yang tidak normal dan masalah lainya.

Layanan Service AC Di Yogyakarta

Melayani Service AC wilayah Yogyakarta layanan Jasa Service kami antara lain meliputi :

Service AC Split, AC Cassete, AC Window AC Sentral dll.
Isi Freon dengan berbagai jenis
Repair AC (perbaikan) dengan aneka ukuran AC
Melayani Penggantian sparepart baru maupun sparepart second berkualitas dan bergaransi
Pemasangan AC baru maupun AC bekas dengan beragam jenis AC
Melayani pengadaan AC rumah atau kantor dan sistem service panggilan atau kontrak berkala.
Dan masalah lain seputar mesin pendingin
Service Unit Outdoor

Jangkauan Wilayah Service AC Jogja

Jangkauan Wilayah Jasa Service AC Yogyakarta layanan service kami meliputi wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, Service ac Sleman, Kaliurang, Bantul, KulonProgo, Gunungkidul dan wilayah jogja lainya.

Kami juga telah memiliki teknisi professional di bidangnya untuk mengatasi masalah sistem pendingin Anda.

” Kepuasan pelanggan merupakan prioritas kami dengan memberikan pelayanan terbaik serta hasil yang memuaskan”

Segera manfaatkan penawaran menarik dari tukang service AC Yogyakarta kami. Gunakan jasa service ac panggilan dari kami untuk memperoleh pengalaman baru yang memuaskan.

Atau untuk konsultasi anda bisa menghubungi kami di nomor yang kami sediakan.

Daftar Harga Service AC Wilayah Yogyakarta dan Sekitarnya

NO    KETERANGAN  PK/UNIT AC       HARGA

1 Biaya Cleaning/Cuci AC Split 1/2 – 1 Pk Rp. 60.000
2 Biaya Cleaning/Cuci AC Split 2 Pk Rp. 70.000
3 Service AC Cassete, Standing, AC Sentral Per-PK RP. 225.000
4 Tambah Freon R22 1/2 – 1 Pk Rp. 200.000
5 Tambah freon R32 dan R410 Per-PK Rp. 250.000
6 Jasa Pasang AC 1/2 – 1 Pk Rp. 250.000
7 Jasa Pasang AC 2 Pk Rp. 325.000

Note: Biaya minimal kedatangan Rp. 75.000, Jika biaya service ac kurang dari 75.000, maka akan dikenakan tarif minimal.

Jasa Service AC Jogja melayani perbaikan atau pemasangan AC baru maupun bekas, dari mulai AC merk Sharp, AC merk Daikin,  AC merk Panasonic,  AC merk Fujitsu, AC merk Samsung, AC merk LG, AC merk Midea dll.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Layanan Kami?

Service AC Outdoor

Kami merupakan perusahaan yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam menangani mesin pendingin ruangan.Kami mempunyai Teknisi/Tukang Service AC yang sudah berpengalaman.

Teknisi AC kami merupakan para pemuda yang berkompeten di bidang mesin pendingin.

Dengan semangat dan kerja kerasnya dalam melakukan service AC akan memberikan pelayanan yang maksimal bagi AC anda yang sedang bermasalah.

Mempunyai Kelengkapan Peralatan untuk Melakukan Service AC.
Dengan menggunakan peralatan yang lengkap tim kami akan bisa membenahi berbagai masalah AC anda.

Diantara kelebihanya sebagai berikut :

Pekerjaan bisa dilakukan dengan cepat
Tingkat kesalahan dalam melakukan service menjadi lebih kecil, untuk itu kami berani memberikan garansi
Hasil tidak mengecewakan, InsyaAllah
AC akan segera normal dan langsung dingin lagi

Itulah penyebab dan cara mengatasi AC tidak dingin yang biasanya terjadi. Supaya AC Anda tetap awet.

Anda juga harus rajin merawatnya dengan mengecek dan membersihkan kondensor serta filter AC minimal sebulan sekali. Selain awet, Anda juga bisa mencegah penyebab AC tidak dingin.

Apabila kinerja AC semakin menurun meskipun Anda sudah memperbaikinya, mungkin ini saatnya kamu menggantinya dengan AC yang baru. Idealnya, AC dapat bertahan hingga 15 tahun.

Demikian tips dan trik Cara Mengatasi AC yang tidak dingin dan Jasa service AC di daerah Yogyakarta. Dan jangan Lupa juga kunjungi Artikel Cara Merawat AC