Penyebab Ac Bocor adalah hal yang sangat sering terjadi kepada AC dan yang paling sering dikeluhkan karena akan sangat mengganggu kenyamanan pemilik, terutama jika AC bocor di atas tempat tidur maupun di atas peralatan rumah tangga. Bahkan sampai ada yang meletakkan ember untuk menampung tetesan air AC tersebut.

AC yang bocor biasanya akan ditandai dengan air AC yang menetes dari unit indoor. Apa saja penyebab AC sering bocor ini? Berikut penjelasan dan cara mengatasi masalah ini.

Seharian beraktivitas, bekerja dan berpikir terkadang membuat manusia bisa kehilangan energi yang menyebabkan tubuh cepat lelah hingga performa kerja menurun. Untuk itu, tubuh manusia perlu di maintenance dengan cara berolahraga, makan makanan yang sehat serta istirahat yang cukup.

Sama hal nya seperti manusia, perangkat elektronik juga bisa lelah lho! Misalnya seperti yang terjadi pada perangkat pendingin udara atau AC. Masalah-masalah pada AC biasanya muncul di pertengahan periode pemakaian. Salah satunya adalah masalah kebocoran pada unit indoor AC.

AC yang bocor biasa ditandai dengan adanya air yang menetes dari unit indoor AC pada saat AC dinyalakan. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kenyamanan pengguna. Namun apa saja penyebab AC sering bocor?

Ini Dia Beberapa Penyebab AC Bocor!

penyebab ac bocor

  1. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai pengguna untuk selalu memperhatikan kebersihan serta merawat perangkat elektronik yang kita miliki. Jarang atau bahkan tidak pernah melakukan maintenance kepada AC bisa menyebabkan AC sering bocor. Kotoran dan debu akan menyumbat pipa drain dan menghambat aliran air pembuangan, sehingga air sisa evaporasi akan keluar dari unit indoor.
  2. Penyebab kebocoran pada AC yang lainnya juga dapat disebabkan karena AC tidak di vacum pada saat instalasi. Sudah banyak artikel yang membahas pentingnya melakukan vacum pada AC. Vacum pada AC berguna untuk membuang udara yang ada di dalam kompresor. Jika ada udara yang tersisa, hal ini dapat menyebabkan pipa berjamur dan berkarat akibat kandungan air yang ada di dalam udara sisa.
  3. Mengapa AC harus rutin di maintenance? Agar segala kerusakan dapat terdeteksi dan teratasi secara cepat dan tepat. AC yang bocor mungkin saja disebabkan oleh selang flexible yang lepas atau rusak karena digigit tikus. Kita tidak akan pernah tahu kerusakan ini jika AC tidak dicek secara rutin.
  4. Kesalahan pada saat pemasangan unit AC oleh teknisi juga bisa berakibat pada performa AC dan menjadi penyebab AC sering bocor. Pemasangan pipa drain yang tidak benar pada saat instalasi bisa mengakibatkan air buangan AC bocor dan menetes keluar.
  5. Setelah membersihkan atau ketika ingin memasang AC, pastikan AC terletak pada posisi yang lurus. Jika posisi unit indoor AC miring, nantinya akan menyebabkan kebocoran. Selain itu juga, pada saat instalasi, pastikan agar teknisi memasang pipa drain dengan benar.

Penyebab AC Bocor Air

penyebab ac bocor

Kebocoran AC pada unit indoor, memang sering terjadi itu diakibatkan oleh tersumbatnya aliran pembuangan air tetesan karena debu maupun kotoran yang menempel dalam unit indoor AC. Seharusnya air tetesan yang berada di dalam unit harus terbuang keluar melewati saluran pembuangan AC.

Tetapi jika saluran pembuangan AC penuh karena kotoran-kotoran yang mengendap di dalam AC maka otomatis pembuangan air AC akan terhambat, sehingga air AC tersebut akan menetes melewati unit indoor AC.

1. Penyebab AC Bocor Belakang Mampet

Atasi AC Bocor dengan cara membersihkan saluran/pipa pembuangan belakang. Cara ini memang lumayan sulit untuk dilakukan dikarena anda harus menurunkan AC unit indoor anda sekalian.

Pipa yang tersambung di unit indoor anda haruslah dilepaskan terlebih dahulu supaya unit indoor AC anda bisa dengan mudah dilepaskan dari rangkaian instalasi AC. Turunkan indoor ke bawah. Selanjutnya semprot talang pembuangan air sampai seluruh kotoran keluar.

Langkah Mengatasi Penyebab AC Bocor :

  1. Cabut steker listrik AC
  2. Buka Cashing indoor AC dan turunkan ke bawah
  3. Selanjutnya semprot seluruh saluran pembuangan air AC anda dengan selang air hingga seluruh debu dan kotoran keluar dari pipa pembuangan
  4. Pastikan seluruh kotoran di dalam saluran pembuangan sudah tidak ada
  5. Pasang kembali unit indoor AC

2. Penyebab AC Bocor Kondensasi Pipa

AC Bocor adalah akibat dari proses yang alami pada pipa. Istilahnya adalah “AC mengalami Kondensasi”. Ini disebabkan oleh perbedaan suhu yang cukup tinggi di dalam pipa dengan suhu di luar.

Umumnya kondensasi memang sering sekali terjadi kepada AC yang berumur sudah lebih dari 5 tahun, ini dikarenakan pembungkus pipa (Armaflex) yang sudah kurang bagus.

Cara mengatasi AC Bocor yang diakibatkan oleh kondensasi dengan cara mengganti pembungkus pipa (armaflex) dengan pembungkus (armaflex) yang baru. Dalam pemasangan pembungkus pipa (armaflex) memang harus dilakukan dengan baik dan benar serta hindarilah celah sedikitpun jadi harus benar-benar pas.

3. Penyebab AC Bocor Kemiringan Instalasi AC

PENYEBAB : AC bocor atau AC netes air dapat terjadi karena instalasi AC yang salah dalam hal “kemiringan saluran pembuangan”. Jadinya air AC yang menetes dari unit indoor tidak bisa tersalurkan keluar menuju saluran pembuangan.

SOLUSI : Cara mengatasi masalah kesalahan melakukan instalasi AC tersebut adalah dengan cara instalasi ulang jasaluran pembuangan air AC tersebut dengan membuka chasing unit AC. Serta mengatur kembali kemiringan nya supaya air AC yang menetes bisa mengalir keluar dengan lancar.

4. Penyebab AC Bocor Celah Tersembunyi

PENYEBAB  : Jika AC Bocor atau AC netes air masih juga terjadi padahal sudah diperbaiki talang belakangnya dan sudah diganti armaflexnya. Pada beberapa kasus AC bocor yang kebanyakan terjadi adalah dikarenakan adanya air yang menetes karena terjadinya kondensasi dan menetes melalui celah-celah tersembunyi dan sulit terlihat tanpa menggunakan lampu senter.

SOLUSI : Cara mengatasi masalah AC bocor atau AC netes air yang terus-menerus terjadi adalah dengan cara meneliti seluruh bagian dengan seksama “darimana asal tetesan air tersebut, dengan mengikuti sampai ketemu sumber tetesan air AC tersebut”.

Setelah anda mengetahui darimana sumber tetesan air AC tersebut maka segeralah memperbaikinya. Cara ini memang harus memerlukan keahlian khusus oleh teknisi AC yang sudah berpengalaman.

Lakukan hal-hal ini untuk mengatasi Penyebab AC Bocor:

penyebab ac bocor

  1. Lakukan perawatan seperti membersihkan AC secara rutin. Cuci AC secara berkala (per 3 bulan untuk AC ruang tamu dan per 4-5 bulan untuk AC kamar tidur). Untuk mencuci AC, jangan gunakan cairan kimia, karena cairan kimia tertentu dapat mengikis lapisan pipa sehingga pipa menjadi tipis dan tentunya AC menjadi cepat rusak.
  2. Dalam melakukan instalasi AC, pastikan dilakukan oleh teknisi profesional. Untuk jenis AC yang menggunakan freon R32/R410A, wajib di vacum menggunakan pipa dengan ketebalan 0,7 mm. Mintalah bantuan teknisi profesional untuk melakukannya.
  3. Ketahui dulu ukuran PK yang sesuai dengan luas ruangan yang akan dipasangi AC. Jika ukuran dari PK terlalu besar daripada ukuran ruangan maka AC akan berasa sangat dingin. Sebaliknya, jika PK terlalu kecil daripada ukuran ruangan maka AC akan terasa sedikit dingin dan kompressornya akan bekerja maksimal untuk mendinginkan ruangan.
  4. Jangan menyalakan AC ketika ruangan tidak tertutup rapat, karena hal ini dapat membuat AC bekerja maksimal. Nyalakan AC hanya ketika ruangan tertutup rapat agar AC tidak bekerja terlalu maksimal.
  5. Agar kompressor AC tidak bekerja maksimal, hindari mengatur suhu AC di bawah 18 derajat celcius. Sebaliknya, hindari mengatur suhu pada angka 26-28 derajat celcius, karena hal ini bisa mengakibatkan kompressor AC terlalu sering mati hidup dan mengakibatkan AC menjadi rawan rusak. Usahakan mengatur suhu AC pada angka 21 – 24 derajat saja, karena angka itu pas untuk iklim di Indonesia.

Fungsi / Manfaat AC bagi Kesehatan

Bisa hidup sehat sudah dipastikan menjadi keinginan semua orang. Hidup sehat ini tentunya bisa anda dapatkan dari mana saja, selain makanan yang bergizi dan gaya hidup sehat, ternyata air conditioner (AC) pun juga bisa memberikan manfaat yang tak terduga-duga.

Di balik kontribusinya kepada pemanasan global, AC ternyata masih memiliki manfaat lainnya yang pasti bisa kamu terima, selain fungsi utamanya sebagai pendingin ruangan.

Penasaran apa saja manfaat dari penggunaan AC untuk kesehatan kamu? Yuk, disimak 12 daftar manfaatnya di bawah ini!

1. Menghindari Dehidrasi

Manfaat AC pertama yang bisa kamu dapatkan adalah bisa melindungi kamu dari dehidrasi. Dehidrasi disebabkan oleh suhu panas yang berlebih, kemudian ketika berkeringat, cairan tubuh pun akan berkurang.

Penggunaan/pemilik AC ini akan mengurangi resiko terkena dehidrasi, dikarenakan AC dapat menghilangkan suhu panas sebagai penyebab keluarnya keringat.

2. Mengatasi Heatstroke

Heatstroke(Panas tubuh secara derastis) adalah keadaan di mana suhu tubuhmu meningkat secara drastis karena terkena suhu panas yang sangat berlebihan. Menggunakan AC bisa menjadi solusi yang sangat tepat untuk membantu menurunkan suhu tubuh dan kestabilan suhu tubuh anda.

Dari udara dingin yang dikeluarkan AC, suhu tubuh akan cepat kembali normal.

3. Meningkatkan Kualitas Udara

AC memiliki kemampuan untuk menyaring polusi dan bakteri. Kemampuan ini akan meningkatkan kualitas udara di ruangan. Kualitas udara yang baik tentunya akan melancarkan dan bisa mencegah gangguan pernapasan.

Tapi ingat, kondisi ini hanya akan berlaku jika AC anda bersih, AC yang kotor dan jarang dibersihkan justru akan memberikan dampak yang negatif untuk kesehatan anda.

4. Mengurangi Asma dan Alergi

Sebelumnya telas dijelaskan bahwa AC dapat meningkatkan kualitas udara. Kualitas udara yang baik juga bisa menjauhkan anda dari penyakit asma dan alergi.

Penggunaan AC dapat menghilangkan polusi, bakteri, serta menghambat pertumbuhan jamur dan lumut yang dapat menyebabkan asma maupun alergi.

5. Elemen untuk Relaksasi

AC yang menyejukkan bisa memberikan kenyamanan dan dapat mengurangi tingkat stres kepada diri seseorang. Agar bisa mendapatkan relaksasi yang lebih lagi, anda bisa menambahkan musik klasik dan juga lilin aroma therapy yang nanti aromanya bisa disebarkan oleh angin dari AC anda.

6. Meningkatkan Produktivitas

Sebelumnya telah disebutkan, penggunaan AC pada ruangan dapat memberikan kenyamanan pada seseorang. Dalam kondisi nyaman seperti ini, seseorang akan cenderung bekerja atau beraktivitas dengan hati dan pikiran yang nyaman pula.

Berbeda dalam kondisi yang panas. Panas bisa mengakibatkan anda mudah kelelahan dan juga stres, sehingga anda tidak bisa berpikir lebih jernih.

7. Menjaga Temperamen

Udara panas dapat menurunkan kinerja otak, sehingga menyebabkan peningkatan pada detak jantung dan tekanan darah. Bisa dikatakan, AC juga bisa bermanfaat untuk menjaga anda dari rasa cepat emosi dan cepat marah.

8. Mengatasi Sulit Tidur

AC juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Suhu tubuh yang panas cenderung bisa membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur, pada saat kondisi seperti ini AC akan sangat berperan penting untuk mengoptimalkan suhu tubuh anda.

Tetapi, juga jangan gunakan AC pada suhu yang terlalu rendah, karena justru juga bisa menggangu tidur anda.

9. Menjaga Suhu Ruang untuk Bayi

Penggunaan AC juga berguna untuk kesehatan pada bayi lho, Toppers. Bayi belum bisa mengatur sendiri suhu tubuhnya, sehingga di sini AC juga berperan sangat penting untuk menstabilkan suhu tubuh bayi.

Selain itu, AC juga bisa membuat tidur si kecil(bayi) semakin nyenyak tidur, serta akan mengurangi resiko dehidrasi, heatstroke (Tubuh panas derastis), dan juga ruam pada kulit bayi.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, terungkap bahwa penggunaan AC ternyata bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung. Ini dikarenakan penggunaan AC bisa memengaruhi kebersihan udara dan juga suhu panas yang berlebihan.

Jika kamu tinggal di daerah dengan kelembapan tinggi, ditambah suhu udara yang panas di siang hari. Ini bisa membuat kualitas napas menjadi berkurang.

Alasannya, karena kondisi tersebut menyebabkan stres pada jantung dan fungsi kardiovaskular, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

11. Menjaga suhu ruang untuk bayi

Bayi yang baru lahir belum bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan baik. AC bisa berfungsi untuk menjaga suhu tubuh Si Kecil supaya bisa tetap stabil, dan juga bisa membuat tidurnya lebih nyenyak serta nyaman, dan bisa juga mengurangi risiko akan terkena sindrom kematian bayi mendadak, dehidrasi, ruam kulit, bahkan heatstroke.

Sekarang anda sudah tau kan manfaat AC bagi kesehatan tubuh dan juga pikiran. Ya, walaupun tak bisa dipungkiri bahwa ada juga dampak negatif dari penggunaan pendingin ruangan. Oleh karena itu, gunakan lah alat ini dengan bijak.

12. Menjaga Kelembapan Udara

Pada temperatur udara yang panas, mendinginkan udara saja belum cukup untuk mendapatkan hawa sejuk ketika
kelembapan udara ruangan masih tinggi. Pada tingkatan kelembapan udara yang rendah, cenderung bisa membuat tubuh akan terasa lebih sejuk dan juga nyaman dikarenakan keringat akan mudah sekali terangkat oleh pori pori kulit anda.

Pada Ruang ber-AC, semakin dingin suhu ruangan, berarti semakin banyak uap air yang dikeluarkan dari ruangan. Seperti pada saat pengaturan temperatur AC terlalu dingin, maka meakibatkan kelembapan udara ruangan menjadi rendah di tambah lagi dengan penggunaan AC selama berjam jam.

Jika kondisi ini dibiarkan, kelembapan ruangan akan semakin rendah atau melewai batas kritis. Hal ini juga dapat menyebabkan efek kekeringan pada kulit. Akibatnya, seringkali tubuh merasakan ketidaknyamanan, seperti pegal-pegal atau pusing.

Untuk melakukan antisipasi menjaga kelembapan udara adalah dengan meletakkan handuk basah atau segelas air di dalam ruangan ber-AC. Cara seperti ini bisa mempertahankan dan inenjaga kelembapan udara ruangan.

Tips Menjaga Kebersihan AC agar Tidak Menyebabkan Penyakit

 

 

Agar AC tahan lama dan berfungsi dengan baik, sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan AC juga bisa membantu mencegah datangnya suatu penyakit yang bisa menyebar melalui udara. Lalu, bagaimana cara menjaga kebersihan AC dengan baik?

Hal pertama yang harus dibersihkan adalah penyaring udara. Komponen ini sangat penting dalam mendukung kinerja AC dan menjaga agar sirkulasi udara tetap lancar.

Jika filter udara pada AC kotor, kemungkinan besar yang akan terjadi adalah sirkulasi udara yang bisa terhambat, kinerja AC anda akan menurun, dan sangat berisiko menyebabkan penyakit akibat penumpukan kotoran di dalam komponen AC.

Selain dapat membahayakan untuk kesehatan, AC yang jarang dibersihkan juga bisa membuat penggunaan listrik meningkat, dan akhirnya biaya listrik membengkak, dan lama kelamaan AC anda juga akan rusak.

Yang tidak kalah penting, Anda wajib menjaga kebersihan rumah secara umum. Pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang baik agar sirkulasi udara dalam ruangan lancar.

Terlepas dari beragam manfaat yang dimiliki AC, Anda tetap disarankan menggunakannya sesuai kebutuhan, sebab penggunaan AC secara berlebihan justru bisa mendatangkan masalah. Agar lebih hemat, pilihlah AC dengan daya rendah, sehingga Anda bisa melakukan efisiensi energi dan biaya.

Pilihlah juga AC yang ramah lingkungan. Jika anda merasakan adanya gangguan kesehatan pada saat menggunakan AC, Mohon segeralah anda menghubungi dokter untuk mencari tahu apakah penyebabnya dan juga mendapatkan penanganan yang sesuai.