Service Mesin Cuci~Mesin cuci adalah alat yang sangat berguna pada perangkat rumah tangga karena mampu membuat pekerjaan mencuci bisa lebih mudah dan juga ringan. Jika mesin cuci tidak bekerja dengan baik, Anda tahu cara memperbaiki mesin cuci yang sederhana.

Service Mesin Cuci

Service Mesin Cuci

Ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi mesin cuci yang bermasalah di rumah sebelum memanggil jasa servis mesin cuci profesional. Berikut panduan dari Rinso Matic dengan beberapa contoh sederhana cara memperbaiki mesin cuci. Langkah-langkah ini dapat membantu Anda mencari tahu masalah dan memberi Anda lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama si kecil!

1. Periksa Bagian Luarnya

Sebagian besar masalah umumnya disebabkan oleh hal yang sederhana. Contohnya, jika saja mesin cuci teman-teman tidak mau menyala, berikut ini terdapat beberapa langkah yang bisa teman-teman lakukan:

  1. Periksalah jika kabel listrik sudah terpasang dengan benar dan pas. Anda harus melihat ke bagian belakang mesin dan melihat apakah ada bagian kabel yang rusak atau terbuka.
  2. Periksa katup sumber air untuk memastikan bagian ini terhubung dan terbuka, perhatikan juga selang tidak terlilit atau tertekuk.
  3. Jika mesin cuci masih tidak dapat beroperasi, lihat ke bagian pintu mesin. Mesin cuci modern didisain untuk tidak bisa dijalankan jika pintu dalam keadaan terbuka atau tidak sepenuhnya tertutup rapat.
  4. Lihat buku panduan dan periksa apakah Anda sudah menjalankan program cucian yang sesuai.
  5. Hal-hal sederhana ini sangat besar dampaknya namun mudah diatasi. Masalah lain yang umum terjadi adalah terjadinya kebocoran air.
  6. Periksa mesin Anda secara menyeluruh untuk mengetahui sumber kebocoran.
  7. Perhatikan bagian karet sekitar pintu tabung mesin cuci dan sambungan selang di bagian belakang.
  8. Jika karet rusak atau longgar, mungkin perlu diganti; selang yang longgar bisa dikencangkan.

2. Membersihkan

Teman-teman mungkin berpikiran, membersihkan mesin cuci bukan bagian dari perbaikan, namun jika Anda sudah lama belum membersihkan mesin cuci, perlu diketahui bahwa hal tersebut bisa membuat perbedaan yang cukup besar pada pengoperasian mesin.

Untuk perawatan dasar, bersihkan pintu dan tabung mesin cuci. Jika dibiarkan, sabun cuci dapat mengendap di sana dan menyebabkan pakaian anda tidak terbilas secara maksimal. Setelah mencuci pakaian Anda, biarkan pintu mesin cuci terbuka dan biarkan tabung mengering secara alami untuk mencegah timbulnya jamur.

3. Mengganti Atau Memperbaiki Suku Cadang Mesin

Mesin cuci pada umumnya terbuat dari banyak bagian-bagian atau suku cadang yang dapat dilepas, yang sangat mungkin untuk rusak atau aus selama pemakaian. Jika pembersihan secara menyeluruh tidak menyelesaikan masalah Anda, mungkin saatnya mengganti bagian yang rusak. Berikut beberapa suku cadang mesin cuci yang mungkin perlu diganti, beserta penjelasan kegunaan masing-masing:

  • Pompa air (mengisi dan menguras tabung).
  • Sabuk pemutar mesin cuci (menjalankan motor, sabuk yang sudah aus akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras terutama saat mesin cuci dijalankan).
  • Katup air masuk (mengatur suhu air dan pengisian tabung).
  • Timer / penghitung waktu (mengatur pengisian, lamanya putaran, dan program pencucian).

Panduan mendasar perbaikan mesin cuci ini tidak akan menjelaskan secara detil cara memperbaiki atau mengganti suku cadang  tersebut. Untuk itu, serahkan pada ahlinya! Diharapkan dua langkah awal ini sudah cukup menyelesaikan masalah Anda. Jadi, jika Anda ingin memperbaiki mesin cuci di rumah, jangan khawatir karena tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Service Mesin Cuci Dua Tabung

Mesin cuci dua tabung adalah mesin yang bisa digunakan secara otomatis. Sama seperti namanya mesin ini terdiri dari 2 tabung mesin, satu untuk mencuci dan satu lagi untuk memutar pakaian. Anda akan menambah dan menguras air sendiri dari tabung pertama dan juga memindahkannya pada tabung kedua untuk diputar. Mesin cuci dua tabung merupakan mesin cuci semi otomatis yang paling umum.

Mesin cuci jenis 2 tabung seperti ini sekarang bukan lagi barang mewah dan sudah banyak di miliki oleh kalangan orang rumah tangga, karna harganya yang relatif murah. Tetapi juga tidak terlepas dari terjadinya beberapa kerusakan untuk mesin cuci dua tabung ini.

Penyebab Air Keluar Terus Pada Mesin 2 Tabung

1. Seal Pembuangan Kotor

Seiring dengan lamanya pemakaian mesin cuci,  kotoran juga akan menempel pada seal pembuangan mesin tersebut jadi bisa mengakibatkan posisi seal pada pembuangan tersebut terganjal yang bisa menyebabkan rongga/lubang air akan keluar secara terus menerus walaupun posisi knop tidak pada drain (buang).

Solusi : Bersihkan seal pembuangan dan pasang lagi

2. Seal Pembuangan Sudah Kaku / Tidak Elastis

Jika di perhatikan dari fisik memanglah terlihat tidak apa apa tetapi jika di bersihkan dan di pasang lagi air masih keluar terus.

Solusinya : diganti dengan yang baru

3. Per Pembuangan Berkarat Dan Patah

Jika per yang sudah berkarat dan patah ini di biarkan, dapat mengkibatkan per pembuangan tidak mempunyai daya dorong lagi terhadap seal pembuangan.

Solusi : ganti dengan yang baru

Jika teman-teman membeli seal pembungan pada toko spare part sebaiknya teman-teman membawa contohnya walaupun barangnya telah rusak, dikarenakan macam dan juga jenisnya memanglah sangat banyak. Sekilas tampak fisiknya seperti sama tapi disaat pemasang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan juga jangan membeli berdasarkan merek dan juga model mesin dikarenakan toko tidak mengetahuinya, kecuali teman-teman beli pada dealer mesin cuci resminya.

Penyebab Pengering Tidak Bisa Berputar Pada Mesin 2 Tabung

1. Kabel Yang Putus

Kasus seperti ini biasa terjadi karena kabel dimakan tikus. Coba saja teman-teman cek dibagian penutup belakangnya, biasanya paling sering putus pada bagian kabel yang naik ke panel timer atau pas pada bagian dalam panelnya timmer.

Solusi :

  1. sambung kabel yang putus dan sesuaikan dengan warnanya
  2. lakukan perawatan rutin dengan cara memberi kamper / kapur barus pada bagian dalam atau bawah mesin cuci untuk mengurangi tikus datang
  3. door switch rusak ( tidak tersambung )

Posisinya ada dekat timer tabung pengering, tapi kerusakan ini jarang juga jarang terjadi kecuali dengan mesin cuci yang tempat saluran masuk airnya 2 yaitu pada samping kanan serta kiri, posisi bagian kanan dekat dengan door switch pada pengering yang bisa menyebabkan peralatan bisa menjadi lembab serta juga akan mudah terlepas.

Solusinya : Bongkar serta bersihkan menggunakan kertas gosok

2. Kapasitor Rusak

Ciri-cirinya  adalah ketika timmer di putar ada suara dengung yang artinya ada arus masuk ke dinamo tapi dinamo tidak mampu berputar jadi menimbulkan suara mendengung. Teman-teman bisa mengetahuinya pada saat teman-teman melakukan tips di atas . kapasitor untuk jenis mesin cuci ini berbentuk kotak yang berwarna hitam tidak seperti kapasitor mesin cuci normalnya yang berbentuk bulat seperti tabung.  Terdapat 4 kabel yang 2 sebagai pengering dan juga yang 2 lagi sebagai pencuci.

Solusi : Ganti dengan yang baru dan sesuaikan dengan ukuran aslinya

3. Dinamo Pengering Terbakar

Setelah anda sudah melakukan tahapan semua di atas anda baru bisa memvonis kalau dinamo ini terbakar. kerusakan dinamo sering di sebabkan karena terkena air yang bocor pada seal pengering yang berada tepat di atas dinamo pengering, atau juga bisa saluran air pada tabung pengering tersumbat dengan kaos kaki, sarung tangan serta lainnya jadi air tidak bisa langsung keluar pada saat proses spin jadi seal pengering juga akan bocor.

Solusi :

  1. Bongkar dan bawa ke tukang gulung dinamo yang profesional.
  2. Ganti dengan baru, tapi perlu juga anda ketahui kalau bahwa dinamo yang di jual rata rata gulungan dari kawat almini bukan dari kawat tembaga, anda harus jeli dalam membeli.

Service Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin Cuci satu tabung adalah Mesin Cuci full automatic, hal ini karena adanya Control Circuit/Modul, bahasa resminya Printed Circuit Board atau biasa disingkat PCB. Mesin cuci jenis satu tabung menampung pakaian dengan jumlah yang sangat banyak jika dibandingkan dengan mesin cuci dua tabung, namun mesin cuci ini memerlukan air yang cukup banyak untuk satu kali proses pencucian.

Berikut beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mesin cuci 1 tabung dan cara memperbaikinya:

1. Keluar Asap Pada Bagian Engsel Pintu

Penyebabnya adalah socket penghubung antara modul dan mesin lembab sehingga socket tersebut konslet dan terbakar. Cara mengatasinya adalah dengan cara membuang socket itu, potong kabel-kabel yang telah terhubung lalu sambunglah kembali sesuai dengan warna dari kabel tersebut.

2. Semua Tombol Berfungsi Kecuali Tombol Start

Hal ini menyebabkan mesin cuci tidak bisa beroperasi sama sekali, penyebabnya ialah jalur kelistrikan pada tombol start modul juga terputus jadi arus tidak bisa mengalir pada tombol start. Cara untuk mengatasinya ialah, pada modul ada beberapa kawat jumper pinout dengan kode J12 beserta J26. Kedua kawat ini merupakan pinout dari IC KID65783AF yang terhubung dengan kedua kaki tombol start, biasanya jalur J12 yang terputus.

Solder kawat J12 berikabel secukupnya saja lalu sambungkan saja kesalah satu ujung kaki tombol start (yang paling dekat elco 22uf atau 450v) sebelum teman-teman menjumper ada baiknya cobalah dulu dengan cara menghubungkan kawat J12 serta J26 apakah mesin bisa beroperasi dan jangan lupa untuk menekan tombol power sebelum teman-teman menghubungkannya.

3. Tidak Dapat Mengisi Air

Penyebabnya adalah selenoid tidak berfungsi sehingga air dari kran tidak dapat mengalir masuk ketabung. Solusinya cek selenoid apakah kondisinya masih baik tidak terbakar/konslet bisa dilihat dari bentuk fisiknya jika terbakar/konslet bisa dipastikan jika bagian modul juga ikut konslet terutama pada bagian triac ACS1086S. Untuk mengganti triac tidak harus sama seri-nya biasa juga menggunakan seri BCR1AM, BCR08, BT131, ataupun transistor triac yang sejenis.

4. Mesin Mengisi Air Dan Membuang Air Secara Bersamaan

Penyebabnya adalah jalur socket kabel selenoid dan drain motor pada modul konslet (lihat gbr.02). solusinya ialah dengan cara membuka plastik pada bagian bawah socket itu memakai solder yang pipih ujungnya.

Akan terlihat ujung jalur selenoid dan drain motor pada pcb yang letak solderannya sangatlah berdekatan kedua jalur tersebut menjadi jalur karbon jadi kedua jalur tersebut bisa terhubung. Pisahkan saja jalur karbon memakai pisau cutter jadi bersih dan keduanya tidak terhubung lagi.

5. Mengalami Kebocoran

Masalahnya ialah selang pada kontrol water level dia bagian tabung terlepas. Solusinya, bukalah tutup bagian belakang pada mesin lalu carilah selang kecil berwarna bening yang terlepas dari tabung lalu pasangkan kembali.

6. Proses Pengeringan Rusak

Penyebabnya ialah disaat pencucian pulsator hanya bisa berputar hanya searah saja yaitu kekiri, ini mampu dideteksi menggunakan cara pencet tombol power dan juga start serta perhatikan putaran pulsator.

Cara mengatasinya, biasanya resistor dengan nilai 300 ohm putus resistor tersebut adalah pemicu gate pada triac BCR12LM atau jalur dari IC ILN2003 yang menuju resistor tersebut putus.

Itulah beberapa manfaat, tips and trick dan juga ilmu yang bisa kita dapatkan dari artikel Service Mesin Cuci ini dan juga sering-sering ya untuk mengunjungi website kami dan juga share kepada teman-teman yang lainnya supaya bisa mengetahui juga apa yang bisa kita ketahui disini, see you in the next article, bye!